Sunday 23 April 2017

Proses Belajar Menggambar Secara Otodidak (Step by Step)

Beberapa hari kemarin, saya mencoba menggambar salah satu artist korea yang akrab disapa dengan nama Kyuhyun. Sebenarnya sudah lama sketsa itu bersemayam di sketchbook saya, sayangnya sudah berkali-kali nyoba buat realis malah gagal. Beberapa bulan kemudian, saya membuka kembali gambar tersebut dan ada niat untuk memperbaikinya. Setelah corat-coret sekian menit, berikut goresannya :

WIP 1

Dalam pikiran saya, gimana cara supaya bisa mirip sekali atau minim mendekati karakter yang digambar. Langkah pertama, coba mengamati objek dimana ia melirik ke bagian samping atas. Gambar di atas masih sketsa kasar, mulai membenahinya dari mata lalu turun ke hidung. Selanjutnya membuat garis penolong pada bagian bibir dan berujung pembenahan bentuk wajah. Di sini tingkat kesulitannya saat mengatur proporsi. Jadi sesering mungkin membandingkan antara objek dengan sketsa.

WIP 2
Goresan WIP 2 ini, saya merasa sudah puas dan sepertinya tidak perlu perbaikan. Namun ketika dilihat dari jarak agak jauh, ternyata masih terdapat banyak kesalahan. Bagian mulut terlalu lebar, mata sebelah kanan distorsi, garis wajah tampak kaku. Berbagai kesalahan tersebut akan terpampang jelas jika difoto. Saya kesusahan menilai sketsa secara langsung sehingga membutuhkan bantuan kamera. Nantinya sketsa yang difoto bisa juga dijadikan bahan untuk dokumentasi hehehe.

WIP 3
Sekarang mulai merambah ke bagian tubuh (pakaian), tapi bagian mata kanan dan bentuk raut wajah masih kurang. Bagian leher dan rambut diberi arsiran bayangan gelap terang agar memperkuat karakternya.

WIP 4
Meskipun sudah dicorat-coret di bagian mata, tetap saja melenceng dan bentuk kelopak terlalu kecil -__- .

WIP 5
Nah, gambar WIP 5 membuat saya bimbang antara fix sudah bagus tapi terasa ada yang ganjil. Bagian pakaian diarsir dari berbagai arah dan diberi aksen titik-titik di bagian bahu sehingga terkesan berbulu.

Finish
Rupanya garis di bagian hidung terlalu tebal, maka saya tipiskan dengan menghapus sedikit demi sedikit. Beginilah hasil akhir sementara ini yang membuat saya puas.

Kalau ditelisik lebih jauh, menggambar itu susah-susah gampang. Terkadang kita merasa sudah puas akan karya kita di masa kini. Setelah melewati berbagai proses pembelajaran panjang serta pengalaman, kita bisa mengetahui letak kesalahannya. Semakin banyak refrensi visual yang kita lihat maka semakin bagus pula karya kita (tentu diimbangi dengan melatih skill secara konsisten).

Mungkin ada diantara sobat blogger punya pengalaman menggambar, boleh corat-coret di kolom komentar :). Mari belajar bersama, saling berbagi pengetahuan plus pengalaman.

Cukup sekian dulu sobat blogger, semoga artikel ini bermanfaat. Good Luck!!

Terimakasih sudah berkunjung :)

objek asli

2 comments:

  1. Belajarnya berapa lama klo boleh tau?😂saya suka seni, tapi ga jago..hehe. Btw hasilnya keren♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sebelumnya. Karya yang satu ini dibuat sekitar 4 tahun yang lalu. Sudah belajar kurang lebih 6 tahun sayangnya akhir-akhir ini kurang konsisten.

      Nanti seiring berjalannya waktu bisa mahir menggambar, asalkan rajin berlatih

      Delete