Saturday 2 September 2017

Makna dibalik Ilustrasi Karya Istiana Fi

Sebuah ilustrasi menggambarkan perasaan atau ide-ide yang ingin diungkapkan oleh kreator melalui goresan-goresannya. Hasil karya juga tidak lepas dari pengalaman si kreator itu sendiri, seperti latar belakang, karakter, lingkungan, pengetahuan dan berbagai faktor lain. Karya visual sudah seperti biografi singkat untuk memperkenalkan diri.

1. Communication

istiana fi - anaitsi@deviantart

Komunikasi ibarat jembatan penghubung untuk saling mengenal, memahami, dan menunjukkan kepedulian. Sayangnya tidak semua orang mudah mengungkapkan segala pikiran dan perasaannya. Seringkali kesalahpahaman membuat keadaan masing-masing individu semakin rumit. Mungkin harus ada salah satu yang berani terbuka dan membukakan jalan agar kesalahpahaman itu bisa diatasi. Mungkin pula perlu orang dari pihak ketiga sebagai perantara, jika yang berseteru tak dapat menyelesaikannya.

Ilustrasi tersebut hadir karena melihat fenomena banyaknya hubungan sosial, baik antar individu maupun kelompok berseteru hanya karena tidak terjalin komunikasi yang baik. Terkadang ada sebagian orang lebih memilih bungkam dan menghindar, akibat dari asumsi negatif.


2. Hypersensitif

istiana fi - anaitsi@deviantart

Setiap orang memiliki tingkat sensitif yang berbeda-beda. Namun sifat sensitif berlebihan memberikan dampak positif dan negatif bagi dirinya sendiri. Hatinya terlalu lembut, pecinta kedamaian, menyukai ketenangan dan melihat dunia secara detail. Mungkin beberapa orang acuh tak acuh dengan orang berkarakter seperti ini dan beranggapan "terlalu berlebihan" alias lebay. Padahal orang sensitif sudah melekat sejak lahir. Dia tidak dapat mengelak dan berhati-hati dalam menjalani segala kehidupannya meskipun setiap jam harus berteman dengan kecemasan, kegelisahan, dan kepanikan. Diluar tampak tenang tapi di dalam berkecamuk. Seandainya kekurangan tersebut bisa dialihkan pada hal positif, dia akan menghiasi peradaban dunia bersama karya-karyanya.

Mungkin ada yang merepresentasikan ilustrasi tersebut pada sifat perempuan, yaitu lebih mengedepankan perasaan daripada logika.

Ilustrasi ini menggambarkan perasaan si kreatornya yang memiliki masa-masa dimana ia harus 'menjaga' hati.  

3. Problems

istiana fi - anaitsi@deviantart





Kehidupan tidak lepas dari masalah. Satu masalah terselesaikan, masalah lain malah bermunculan. Banyaknya masalah yang tidak berujung pada solusi, akan membuat manusia menundukkan diri. Hidup terasa terbebani hingga mempunyai hasrat ingin mengakhiri.

4. Distance

istiana fi - anaitsi@deviantart



Kenyamanan adalah hal terpenting untuk seseorang agar bisa menjadi dirinya sendiri. Seorang gadis yang terlalu nyaman dengan dunianya sendiri sampai tak sadar bahwa hidup juga harus berinteraksi pada dunia nan hakiki. Rasa nyaman tidak ia dapatkan bersama orang-orang, sehingga berasumsi 'mereka menakutkan'.

5. Sipus (t)

istiana fi - anaitsi@deviantart



Apa yang kalian lihat pertama kali? Kucing? atau siput? Apakah ini semacam test kokologi?
Jawabannya adalah bukan. Si kreator terinspirasi oleh hewan peliharaannya (kucing) yang sedang tidur. Di satu sisi, dia merepresentasikan bahwa kucing identik dengan sifat pemalas. Separuh hidupnya digunakan untuk tidur.

Kesimpulannya sifat pemalas membuat hidup tak punya kemajuan dan banyak berangan-angan.

6. Tumbuh?

istiana fi - anaitsi@deviantart



Tumbuh? Kita bisa tumbuh menjadi lebih baik jika mempunyai prinsip dan tujuan hidup yang jelas.

7. Secret of Little Smile

istiana fi - anaitsi@deviantart
Ada orang yang lebih memilih diam saat orang-orang di sekitarnya telah meremehkannya, berbuat semena-mena dan membicarakan kekurangannya. Meskipun di dalam dirinya, ia sangat ingin berteriak, meronta, bahkan membungkam mulut mereka. Sedikit senyuman tidak membuatnya bahagia, hanya saja dia dapat menutupi kesedihannya.

Cukup sekian dulu sobat blogger, semoga bermanfaat :)
Terimakasih sudah berkunjung

2 comments:

  1. Wow, dalam juga maknanya. Kalau karya rupaku sih hampir nggak ada makna.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari goresan juga ada maknanya yan, meskipun yang nggambar gak tahu maknanya :D

      Delete