Monday 27 February 2017

Pengalaman Mengobati Luka Kucing Secara Alami

Hai sobat blogger, beberapa minggu yang lalu ada sebuah kejadian menimpa kucing di rumah. Dia bertengkar dengan kucing jalanan, hingga akhirnya menorehkan luka di bagian punggungnya. Awalnya si blogger biarkan saja karena melihat gerak-geriknya masih lincah serta banyak makan, membuat si blogger tidak begitu mengkhawatirkannya. Si blogger pikir luka tersebut hanya luka biasa dan bakal sembuh jika dijilat si kucing.

Si Centul kurang enak badan

Di kemudian hari, si blogger mengamati perubahan drastis dalam diri si Centul (nama kucing). Pada dasarnya dia adalah sosok kucing nan aktif, periang, ekspresif dan suka acting ala drakula (alias hobi ngigit :D). Namun kala itu, si Centul tampak terlihat lesu, kurang bersemangat plus kehilangan nafsu makan. Setelah diteliti ternyata luka tersebut berlubang sehingga keluar cairan putih (nanah). Keadaan semakin memburuk tapi dia terkadang masih minum sedikit air. Bingung ...  harus berbuat apa? Si blogger putuskan untuk searching mengenai penanganan luka kucing yang bernanah. Sempat juga mencari refrensi dokter atau klinik hewan di Solo, buat alternatif kalau tidak dapat ditangani sendiri.

Sekian lama mencari informasi, banyak artikel memberikan tips supaya luka dibersihkan terlebih dahulu dengan kapas (sebelumnya kapas dibasahi air hangat lalu diperas). Selanjutnya muncul beragam testimoni mulai dari diberi betadine, rivanol, dan kunyit. Dua obat bernama rivanol dan betadine mengandung antiseptik sedangkan kunyit lebih cenderung kepada antibiotik. Si blogger masih bingung dalam hal ini, ingin diteteskan betadine atau rivanol tapi takut jika sewaktu-waktu si Centul menjilati lukanya. Akhirnya mencoba pengobatan dengan bahan alami yang dirasa aman. Sebelum itu, pernah juga memberikan minyak gosok rasa mint dan beruntung saja si Centul tidak menyentuhnya (perasaan jadi korban kucing percobaan -_-). Tidak berpengaruh sama sekali, malah tambah parah. Hampir putus asa ketika melihat kondisi kucing tampak memprihatinkan, tapi masih punya harapan untuk mencoba media lain, yaitu kunyit.

Langkah pertama, ambil secuil kunyit lalu lumatkan sampai halus dan beri sedikit air. Teteskan pada luka kucing yang sudah dibersihkan. Hasil menunjukkan bahwa luka menjadi tertutup dan mengering. Sayangnya hanya berlangsung selama beberapa jam, luka kembali terbuka diiringi nanah keluar. Si Centul pun juga tidak nafsu makan kurang lebih 3 hari. Seolah-olah seperti tidak ada tenaga, dia tidur terus menerus di tempat sepi. Bau busuk nanah menyeruak, sungguh kasihan nasib si Centul kala itu.

Seiring berjalannya waktu, si blogger teringat akan pengalaman serupa tentang luka bernanah di bagian tubuh sendiri. Si blogger mengetahui ada bahan lain yang terkait dengan antibiotik, yakni bawang putih. Ibu si blogger sering mengkonsumsinya setiap hari dan badan terasa enak. Beliau juga menyarankan agar mengobati luka si blogger menggunakan olesan bawang putih. Atas dasar itulah, si blogger meracik kunyit dan bawang putih, kemudian diperas tepat di bagian luka kucing. Perasan tersebut diteteskan sehari dua sampai tiga kali sehari. Alhamdulillah, keadaan si Centul semakin membaik, meskipun nanah masih keluar. Saat diteteskan, kemungkinan dia akan merasakan sakit perih namun tidak berlangsung lama. Semenjak itu, dia mau menjilat lukanya dan nafsu makan kembali normal. Selama proses penyembuhan, hindarkan luka kucing dari benda atau zat yang memudahkan penyebaran bakteri berkembang. Sembari terus berusaha merawat si kucing, berdo'alah untuk kesembuhannya.

Oh ya, untuk kunyit atau bawangnya tidak perlu dibakar atau digoreng, nanti malah keliru buat bumbu masakan hehehe... Bahan-bahannya mentah dan langsung dibuat perasan, diambil sarinya aja

Cukup sekian dulu sobat blogger, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung :)
Jika punya pengalaman serupa atau lainnya, bisa saling berbagi di kolom komentar

bawang putih dan kunyit

Bawang dan kunyit mengandung antibiotik yang bermanfaat untuk menekan atau menghentikan perkembangan bakteri atau mikroorganisme berbahaya sehingga mencegah terjadinya infeksi.

Ada yang bilang bawang berbahaya untuk konsumsi kucing. Jika khawatir, sebaiknya menggunakan kunyit saja. Dan kunyit pernah juga dicoba ke kucing yang terkena scabies, alhamdulillah atas ijin Allah keesokan harinya sembuh. Lihat juga postingan mengenai "Pengalaman mengobati kucing scabies". 

Setiap kondisi luka berbeda-beda tergantung tingkat keparahannya. Sebisa mungkin segera dibawa ke dokter hewan/ klinik hewan untuk mendapat penanganan yang lebih tepat, apalagi jika lukanya terlanjur parah. Di artikel ini, si blogger hanya berbagi pengalaman seputar pengobatan alami yang pernah dilakukan. Si blogger bukan ahlinya, jadi mohon maaf jika kurang bisa membantu dalam permasalahan kucing lainnya. Apabila khawatir dan ingin tahu lebih jelasnya bisa bertanya langsung ke dokter/klinik hewan/ pakar yang lebih ahli, baik secara online maupun offline.

Banyak orang mencoba mengobati sendiri karena anggaran dan akses ke dokter atau klinik hewan kurang terjangkau. Hal ini bisa jadi PR bagi komunitas kucing, hewan, hingga dokter supaya bisa memberikan pelayanan bagi hewan-hewan tanpa keterbatasan akses tadi. Sejauh ini belum menemukan solusi, sekiranya ada pembaca yang mengetahui informasi atau kemudahan akses, bisa komentar di bawah ini. Kita saling berbagi pengetahuan serta pengalaman guna menolong sesama makhluk hidup.

Jika ada kesalahan informasi dan tidak bisa membalas semua koment di artikel ini karena tenggelam, si blogger minta maaf. Ilmu terbatas, hanya berbagi pengalaman saja. Semoga bisa tambah wawasan juga dari komentar. Meskipun komentar hide, apabila ada waktu luang maka komen positif yang membangun juga bakal dipublikasi untuk menambah bank data para pembaca. 

Sekali lagi terima kasih buat pembaca yang sudah bersedia berbagi dan bertanya di kolom komentar

244 comments:

  1. Kalo kunyitnya di peras dalam jumlah banyak, lalu disimpan di kulkas tahan brp lama kak? Lalu berapa hari sebaiknya lukanya ditetesi kunyit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahan 2-3 hari dalam wadah tertutup rapat. Berdasarkan pengalaman, luka si kucing sudah membaik dalam waktu 2 hari.
      Pengobatan dihentikan setelah si kucing sudah mau menjilati lukanya sendiri

      Delete
    2. luka nya tuh di perban atau ga usah gan? karna luka sobek nya gede bgt di kaki trus kalo di jilatin gimana? ada perasan kunyit nya

      Delete
    3. Gan mau tanya kucing saya tdi nabrak motor pas dia lgi nyebrang jalan terus dari hidungx pendarahan terus sudah di lap2 terus karna udah mulai ngrasa sakit dy jdi agresif gk mau di pegang orang bisa kasi solusi buat obatinya

      Delete
    4. Bisa menunggu si kucing lebih tenang, misalnya waktu si kucing sedang tidur. Perhatikan terlebih dahulu, lukanya luar atau di dalam hidung. Jika lukanya mudah dijangkau, bagian luka dibersihkan lalu ditetesi pakai perasan kunyit+ bawang. Bisa juga menggunakan cara lain, dengan menempelkan irisan bawang putih di bagian luka. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
    5. Ka kucing saya mengalami luka yang lumayan besar kaya luka sobek gitu dan si daging kucing nya tuh keliatan kulit nya pun udh lepas karena sobek gimana cara ngatasin nya ya kak mohon solusinya?

      Delete
  2. kucing aku lukanya bagian kepala tepatnya di belakng telinga, udah sampai keluar nanah gitu,lukanya gak sembuh" gara2 digaruk terus sama kucingnya,tadi siang aja sampai keluar darah di lukanya, untuk sekrng e-collor(corong untuk kepala kucing)biar dia gak bisa garuk2 lagi.... kira2 kalo kunyit sama bawang putih di tempel aja kebagian lukanya bahaya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih obat antibiotik aj kak, beli amoxilin di apotek, tp Kasih 1/4 tablet aj cmpur d makanan nya.. Luka nya cpt kering loh.. Kmrn kucing ku ekor nya luka parah trs kaki bengkak sampe kluar nanah trs jln nya jd pincang, tp skrng dah sembuh.. Antibiotik d berikan minimal 3hr(jgn kurang dr 3hr ya,mskipin luka dah sembuh sblm 3hr) maksimal 14hr.. Tp ak kasih air perasan kunyit jg d luka nya, tp biar gmpang air perasan nya dimasukin botol spray, jd tinggal semprot doank, krn kucingnya susah diobatin, dipegang aj takut krn kesakitan..

      Delete
    2. Oiyaa, antibiotik nya 1/4 tablet cukup 2x sehari yaa.. Smoga pus nya cpt sembuh..

      Delete
    3. Sebaiknya ditetesi air perasannya aja. Takutnya ampas kunyit dan bawang tadi kemakan sama si kucing.

      Saran dari mbak monika: pakai botol spray juga bisa dicoba

      Delete
  3. Nais inpo gan...terima kasih
    Empusku juga lagi kena jamur..
    Mau coba perasan kunyit...semoga manjur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama. Semoga empusnya lekas sembuh

      Delete
  4. Kak,Kalo kitten usia 7bln apa boleh kasih amoxilin? Dosis brp?kucing ku korengan Krn berkelahi,ngeri liat korengnya merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbnrnya sih jgn dikit2 Kasih antibiotik, tp kalo luka nya sangat parah/luka bengkak gt Kasih aja gpp campur d makanan nya, kucing ku beratnya 4kg ak kasihnya 1/4 tablet, jd ngasih dosis obatnya trgantung berat badan kucingnya yaa..

      Delete
    2. Belum pernah punya pengalaman mengenai amoxilin

      Delete
  5. Kucing saya maaf bagian bokongnya bolong dan bernanah gmna cara ngobatinnya?

    ReplyDelete
  6. Kucing saya maaf bagian bokongnya bolong dan bernanah gmna cara ngobatinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama-tama bisa dibersihkan dahulu bagian lukanya, dengan kapas yang sudah dibasahi air hangat. Sebelumnya kapas diperas, lalu bersihkan nanahnya. Selanjutnya bisa tetesi pakai air perasan kunyit, Diteteskan sedikit demi sedikit. Semoga kucingnya lekas sembuh

      Delete
  7. Kak,kucing saya bokongnya bolong dan bernanah, sama dia dijilatin terus, berbahaya nggak ya kak? Mau dibersihkan, kucingnya nggak mau dipegang, gimana ya kak? Boleh minta sarannya

    ReplyDelete
  8. Jilatan kucing pada luka, bisa mengurangi infeksi dan mempercepat penyembuhan. Menurut pengalaman pribadi, lukanya bisa lekas sembuh jika si kucing mau menjilat lukanya sendiri.
    Bila ingin membersihkan lukanya, bisa ambil moment yang tepat, ketika si kucing sedang makan atau tidur. Alihkan perhatian kucing dengan makanan, lalu perlahan bersihkan luka si kucing. Kalau masih kesulitan, bisa dilakukan saat si kucing tidur. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

    ReplyDelete
  9. gan kucing saya luka sobek gede bgt dan gabisa di jait karna kulitnya lepas, nah kl pake kunyit dan bawang putih kira2 luka nya perlu di perban atau tidak supaya kucingnya ga jilat2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup ditetesi perasan kunyit dan bawang aja, tidak perlu diperban. Semoga kucingnya cepat sembuh

      Delete
    2. Kalo tidak diperban dijilatin kucingnya gpp? ?

      Delete
    3. Dari pengalaman pribadi, tidak mengapa. Tapi jika hal tersebut memperlambat proses penyembuhan, bisa menggunakan kolar untuk mencegah supaya tidak dijilati. Semoga membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  10. kalo di jilatin gpp itu sama kucing nya? trus nanti kering atau tdk kl ga di perban? mohon maaf yaa agak bawel soalnya saya bingung harus gmn lg, ke dok hewan mahal bgt gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sari kunyitnya akan meresap ke lukanya, jadi tidak apa-apa mbak Amel, nanti perlahan lukanya mengering sendiri.
      Supaya luka si kucing lekas mengering, hindarkan dari air dan garukan kucing. Ditetesi kunyitnya juga jangan terlalu banyak, cukup beberapa tetes aja.

      Delete
    2. makasih banyak yaaaa sangat membantu 😻

      Delete
    3. Iya sama-sama. Semoga bermanfaat dan kucingnya sehat selalu :)

      Delete
  11. Kucingku luka kegunting abis dicukur. Setengah hari sedih bobo terus. Pas googling, ketemu cara kakak pake perasan kunyit sama bwang putih. Alhamdulillah 10 menit langsung mau makan minum dan diajak main. Makasih kak ����

    Semoga kucingnya pada sehat ceria semua ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ikut senang dengarnya. Semoga si kucing sehat selalu.
      Terima kasih sudah berbagi pengalamannya di sini :)

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Kucing saya luka di kepala deket idung deket mata lukanya bolong dan dalam. Lukanya gak kering kering ka, dan masih keluar nanah, hampir tiap pagi nanahnya menutupi matanya,. Luka nya udah hampir seminggu. Gimana yah cara ngobatinya, kalo ngobatinya pake obat dalam apa yah ka??? Mohon bantuanya ka!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya nanah tidak meluber ke mata, bisa bersihkan dengan kapas. Sebelumnya kapas dibasahai air terlebih dahulu,lalu diperas.

      Setelah bersih dari nanah, coba teteskan sari kunyit atau kunyit dicampur bawang, ke bagian lukanya. Sedikit saja dan hati-hati,usahakan saat meneteskan tidak terkena mata. Sarannya diteteskan saat si kucing sedang tidur.
      Untuk pengobatan dari dalam, saya belum pernah mencobanya. Mungkin Anda bisa tanyakan ke ahlinya atau melihat komentar sebelumnya di laman ini. Semoga dapat membantu dan semoga kucingnya lekas sembuh

      Delete
  14. Kunyit dan bawang putih berapa banding berapa gan ?
    lalu kunyit dan bawang putih di blender atau diulek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbandingannya lebih banyak kunyitnya daripada bawangnya. Misalkan ambil kunyit 1/2 bagian, dicampur dengan bawang 1/4 bagian. Kunyit tidak harus 1/2 bagian, bisa kurang dari itu. Disesuaikan dengan kebutuhan dan cukup diulek saja. Semoga bermanfaat

      Delete
  15. Saya mau tanya, kucing saya abis ketabrak mobil trus buntutnya luka
    Awalnya ngeluarin nanah trus abis itu kering
    Nah skrg nanahnya udh ga ada tapi ga kering², merah gitu ajaa
    Apa dikasih perasan kunyit sama bawang putih bisa cepet kering?
    Mohon di bantu yaa
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diberi beberapa tetesan kunyit bawang, nanti lama-kelamaan akan kering dengan sendirinya. Usahakan airnya sedikit saja. Semoga bisa membantu

      Delete
    2. Apa abses nya besar? Bisa di share poto luka kucing before and after?

      Delete
    3. Besarnya kisaran 1 cm, tapi berlubang sampai kelihatan dagingnya. Sayangnya ndak difoto, sudah ngeri lihat lukanya

      Delete
  16. Saya mau tanya, kucing saya lehernya abis bisulan gitu, terus pecah dan menimbulkan luka bolong dilehernya, sudah seminggu belum kering, apa bisa diobati dengan perasaan kunyit dan bawang juga ? Atau ada solusi lain? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba tetesan kunyit saja atau kunyit dicampur bawang. Alternatif lainnya diperiksakan ke dokter hewan. Semoga membantu

      Delete
  17. Kucing sy jg bolong lehernya. Sdh dijahit tp jahitannya lepas. Trus sm dokter dikasi antibiotik dan diperban. Skr sdh dua kali ganti perban tp blm ada perubahan. Masih ttp basah lukanya. Apa sebaiknya ga diperban ya? Ganti perban dan ngasi antibiotiknya sekali dua hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika lubangnya besar, bisa jadi memakan waktu cukup lama untuk proses kesembuhannya secara total.
      Dari pengalaman, luka kucing di punggung tidak diperban dan menjadi kering setelah ditetesi perasan kunyit dan bawang.
      Apabila Anda berkenan, bisa mencoba cara tersebut atau konsultasi ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat dan kucingnya lekas sembuh

      Delete
  18. kucing saya kakinya luka sampai bulunya rontok diarea lukanya, sudah pakai minyak tawon tp belum sembuh. pengobatan lainnya apa ya alternatifnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba dengan tetesan perasan kunyit,atau kunyit dicampur dengan bawang. Beri beberapa tetes di bagian luka. Semoga dapat membantu

      Delete
  19. Sya mau tanya, kucing sy mengalami luka dibagian bibir dan sudah bernanah sy tdk tau mau gimana lagi,apa ada solusi untuk mengobatinya?mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. JIka bernanah, alangkah baiknya luka dibersihkan terlebih dahulu menggunakan kompresan air hangat. Selanjutnya bisa dicoba tetesan kunyit. Sebisa mungkin, memberikannya secara hati-hati ketika si kucing sedang tidur. Alternatif lainnya dapat berkunjung ke dokter hewan. Semoga bermanfaat

      Delete
  20. Kak punggung kucing q bolong dan keluar nanahnya tapi d jilatin trs gmna ya ..jadi ngeri lihatnya ...pusnya gk mau d pegang ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba pakai tetesan kunyit atau ditanyakan ke dokter hewan.
      Memang terlihat ngeri saat melihat lukanya dijilati, tapi lukanya berangsur sembuh.
      Jika si kucing sulit dipegang, dapat dialihkan dengan makanan atau mengobatinya saat sedang tidur pulas. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
    2. Dikasih tetesan kunyit sama bawang itu kirakira perih gk buat si kucing soalnya kan bawang biasanya perih dan panas?

      Delete
    3. Kemungkinan si kucing merasakan perih, jadi hanya diberi beberapa tetesan kunyit saja (3-4 tetes).

      Delete
  21. Permisi gan saya mau tanya, kucing saya kaki nya luka kaya abis kelindes berdarah jalan nya pincang pulang" ,, gimana ya cara ngobatin nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dikhawatirkan ada masalah atau luka di bagian dalam, bisa dperiksakan ke klinik/dokter hewan. Tapi kalau lukanya tidak terlalu serius dan memungkinkan diobati sendiri, bisa coba teteskan perasan kunyit. Bisa juga diteteskan perasan kunyit dan bawang yang sudah dilumatkan. Sebelum meneteskannya, sebaiknya luka dibersihkan dahulu dengan kapas, yang sudah dibasahi sedikit air. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh.

      Delete
  22. Siang gan, kalo kucingnya luka trs darahnya ga berenti2 dikasih apa yaa? bisa juga pake kunyit+bawang? soalnya udh ke dokter hewan trs dikasih obat oles juga ga ngaruh, msh berdarah sampe 2harii, tolong gan bantuannya.. terimakasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Nabila bisa coba pakai perasan kunyit dan bawang. Dahulu kucing Saya juga demikian, bercampur dengan nanah. Jika belum ada perubahan,kembali dibawa ke klinik hewan. Semoga kucingnya lekas sembuh

      Delete
  23. Kak,, kucing saya luka nya udah bau,, dia lemes gk mau makan, kalo makan dikit aja. Padahal kemarin dia mau minum susu banyak. Tiba2 dia udah tidur tidur aja. Lukanya awalnya udah mengeras trus terbuka lagi..ada nanah nya ..gimna ni kak..dikasi kunyit campur bawang putih apa kunyit aja kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diberi kunyit campur bawang putih, semoga bisa membantu dan lekas sembuh kucingnya

      Delete
  24. Permisii mas mau tanyaa .. kucing saya hbs ketabrakk motor awal ya lukaa kecil di kaki kanan lalu sayaa beri betadinee di jilatin truss... dan 3 hari inii lukaa yaa melebarr karena di jilatn truss ...

    Bawang putih dann kunyit di belender atau tumbukk .. laluu baikk yaa di tutup atau terbuka ... trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawang putih dan kunyit bebas di blender atau ditumbuk, yang penting diambil sarinya saja. Dari pengalaman pribadi, setelah ditetesi perasan kunyit dan bawang tadi, dibiarkan terbuka (tidak ditutupi apapun). Semoga membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  25. Mas kucingku loka sobek dibagian bawah kaki tapi dia mw jilatin itu perlu gk dikash persan kunyit sma bwng puth... Soalnya kasihan liat lukanya
    Trus bolh gak dimandiin pake sahmpo dalm kondisi luka sobek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luka yang sudah dijilati si kucing, dapat mempercepat proses penyembuhan. Memang memakan waktu lama. Dulu kucing saya juga demikian. Setelah si kucing mau menjilati luka, sudah tidak diberi perasan itu lagi.

      Jika luka masih terbuka atau baru, bisa ditetesi sedikit perasan kunyit. Setidaknya 1-2 kali tetesan kunyit dalam sehari. Tapi jika luka sudah agak mengering, tidak perlu diberi perasan tersebut.

      Soal dimandikan, lebih baik menggantinya dengan membersihkan luka di bagian sekitar luka, menggunakan kapas yang sudah dibasahi air hangat. Hal tersebut untuk menghindari terkena luka, supaya lekas mengering.

      Apabila belum ada perkembangan, bisa datang langsung ke klinik hewan atau dokter hewan.

      Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
    2. Saya ada nemu kucing jantan dewasa di pinggir jalan.Kakinya bengkak,dah busuk,bauk x.Aq pungut,dah tu aq foto.Aq kirim k drh langgananku,untuk mengetahui tindakan apa yg mesti dilakukan.Kt dokter hrus amputasi,biayanya 1.000.000 minimal.Aq gak da uang.Bru di dekat rmh ada bidan,siap kmi bersihkan tu kucing digilikan obat dah tu dikasih k luka si kucing.Dia nyuruh aq beli obat salicyl tuk ditabur di luka si kucing.Daging yg luka tu dah brantakan,dah terlihat tulangnya.Gak smpi hati.Apa iya dia tahan dikasih kunyit sama bawang putih y?Mohon bantuannya

      Delete
    3. Jika sudah dibersihkan, bisa dicoba perasan kunyit saja dan melihat perkembangannya. Perasan kunyit hanya diberi beberapa tetes (sekitar 3-4 tetes).

      Pengobatan tadi berdasar pengalaman pribadi. Kemungkinan si kucing merasa perih saat terkena tetesan

      Semoga bermanfaat

      Delete
  26. GMn ni gan lehernya udh berlobang gede banget trs sering bernanah suka di garukin sama dia nya gmn gan solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya luka dibersihkan terlebih dahulu dengan kapas yang sudah dikompres air hangat. Selanjutnya ditetesi perasan kunyit dan bawang. Paling tidak 3 tetes atau secukupnya saja.

      Dulu kucing saya juga pernah garuk lukanya, saat gak ketahuan. Jika sudah terlanjur digaruk, lebih baik dibersihkan dahulu menggunakan kapas kompresan tadi. Sebisa mungkin mengalihkan perhatian si kucing, supaya tidak menggaruk lukanya.
      Kalau ada tanda-tanda si kucing mau melakukannya, bisa dicegah dengan membersihkan bagian luka atau sekitar luka.

      Bisa juga langsung dibawa ke klinik atau dokter hewan.
      Semoga bisa membantu dan si kucing lekas sembuh.

      Delete
  27. Gmn ini gan kucing saya udah lehernya berlobang trs kalo sering digaruk sama sering keluar nanah

    ReplyDelete
  28. Gan, kucing aku baru lahir beberapa hari yg lalu, trus semalam anak kucing aku mau dibunuh sama jantan, trus alhaAlhamduli masih ada yg selamat, tapi diperutnya ada bekas luka, trus ngeluarin cairan gitu gan, mohon dibantu ya gan, udah bingung ini mau digimanain, soalnya napasnya udah 1 1, kasian liatnya, ngk mau minum susu induknya lagi

    ReplyDelete
  29. Luka dibersihkan pakai kapas yang sudab dikompres air hangat. Lalu ditetesi perasan kunyit dan bawang. Tapi ada baiknya langsung dibawa ke klinik atau dokter hewan, supaya dapat penanganan yang lebih tepat. Semoga si kucing lekas sembuh

    ReplyDelete
  30. Hallo, bisa bantu dijawab ya kalau baca commentku.

    Kucingku awalnya luka sedikit dekat leher, karena selalu di garuk setiap abis diobatin jadi bukan malah sembuh makin melebar. skrng sampe ke bagian atas kepala dan kuping kanan nya bolong gitu kasian banget ga tega. Udah di bawa ke dokter Rini tanjung duren, tapi dia kasih obat antibiotik aja.

    Gimana caranya ya biar gak di garuk terus, karena kaki dan tangan udah coba di perban tetep dilepasin sama kucing ku :(

    Bantu jawab ya, makasih ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap kali kucing akan menggaruk di bagian luka, dapat dialihkan dengan membersihkan secara perlahan menggunakan kapas yang sudah dikompres air hangat, sehingga si kucing sudah merasa tidak perlu menggaruknya.

      Jika dirasa perlu, bisa diberi pengobatan luar, seperti ditetesi perasan kunyit/ kunyit+bawang.

      Selain itu, bisa juga minta saran ke dokter hewan lain untuk penanganan luka agar tidak menyebar.

      Semoga bisa membantu dan si kucing lekas sembuh.

      Mungkin ada pembaca yang ingin memberikan saran tambahan?

      Delete
  31. Kak kalo luka bagian lehernya itu gimana?lukanya pertamanya bengkak trs keluar nanah banyak banget lama lama kulit nya robek keliatan dagingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba dibersihkan dahulu lukanya pakai kapas yang sudah dikompres air hangat. Setelah bersih, ditetesi perasan kunyit/ kunyit+bawang di bagian luka, secukupnya atau 3-4 tetes per hari. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  32. Kucing saya kakinya bernanah dan kaya busuk gitu karena dikaretin sama orang. Kira kira solusinya apa ya mas? Tapi makan masih napsu banget kalo makan ayam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibersihkan lukanya, hingga tidak keluar nanah. Selanjutnya bisa diteteskan perasan kunyit/ bawang+kunyit tepat di bagian luka. Diteteskan secukupnya saja. Semoga dapat membantu dan kucing lekas sembuh

      Delete
  33. takarannya gmn ? air, kunyit sm bawang ? terus krkr kucing berontak ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air sedikit aja, kira-kira 1/2 sendok teh. Perbandingannya lebih banyak kunyitnya, misal kunyit 1/2 ditambah dengan bawang 1/4. Sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan atau secukupnya saja.
      Kucing agak berontak,tapi di bagian luka hanya perlu ditetesi 2-3 tetes saja sudah cukup.
      Kalau lukanya ringan, bisa pakai irisan bawang aja, lalu ditempelkan di bagian luka.
      Sebisa mungkin melakukannya ketika si kucing sedang tidur. Semoga bermanfaat

      Delete
  34. Perbandingan kunyit dan bawang putihnya brpa kak? Kucingku luka di bagian lubang hidung ,tapi darahnya udah kering dan aku baru tau skrg
    Langkah pertama aku harus bersihin darah keringnya pake apa? Takutnya kesakitan krn darahnya udah kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbandingannya 2:1, lebih banyak kunyitnya. Coba dibersihkan pakai kapas yang dikompres air hangat. Membersihkan hidungnya secara perlahan, supaya tidak kesakitan. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
    2. Mas kunyitb bawangnya di apain?

      Delete
    3. Kunyit bawang dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Kemudian diberi sedikit air dan diperas hingga keluar sarinya.

      Delete
  35. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  36. Gan...aku di kasih anak kucing umur 3bln yang tangannya putus hbs di gigit musang....,di obati pakai apa...? Kasihan sekali dia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung dibawa ke klinik atau dokter hewan untuk penanganan lebih tepat. Jika terjadi pendarahan, bisa diberi sarang laba-laba guna menghentikan pendarahan.

      Delete
    2. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas membaik

      Delete
  37. Gan bsa mnta tolng gk obat apa yg cocok buat kucing yg luka udh borokkan,nanahnya ngalir terus, udh malas makan td pagi popnya ada sdkit darah,kucingnya sy dpat pas pulng kantor krn lyt kakinya luka jd sy bwa,
    Domisili sy di Raja Ampat-Papua Barat,dsni tdk ada dokter hewan,untk obat jg gk trllu lngkap. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengobatan dengan perasan kunyit + bawang bisa dicoba. Kedua bahan tersebut dihaluskan dan diberi sedikit air, lalu diperas (diambil sarinya aja).

      Pertama, lukanya dibersihkan dahulu menggunakan kapas yang sudah dikompres air hangat. Kemudian perasan tadi diteteskan di bagian luka, kurang lebih 3-4 tetes.
      Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  38. Assalamualaikum, kak, kucingku bagian ekor pantat tadi tak lihat kok berlubang, sepertinya bekas berkelahi, cukup dalem kak, tapi dia jilatin terus itu gapapa a? lidah kucing kan kasar, itu nantin malah bikin lukanya makin lebar ga ya
    Saya biarin dulu atau saya kasih perasan kunyit + bawang putih seperti saran qq?
    takutnya ga kering2 malah bahaya
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Berdasarkan pengalaman, tidak mengapa si kucing menjilat lukanya. Perasan kunyit+bawang bisa diberikah saat si kucing tertidur. Lukanya bisa dibersihkan terlebih dahulu menggunakan kapas yang sudah dikompres air, selanjutkan diberikan perasan kunyit+bawang. Alangkah baiknya lekas ditangani supaya lukanya mengering. Semoga membantu dan si kucing cepat sembuh

      Delete
  39. Siang mas,maaf mas saya ga ngerti,cara ngolah si kunyit sama bawang putihnya gimana? Di bejek,atau parut? Terus yang di kasihin air perasannya atau sarinya,luka kucing saya di dalem telinga,bengkak,ngejendol bernanah gitu mas,kaya mau bolong,tolong pencerahannya mas agar kucing saya cepat sembuh. Mohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunyit mentah dan bawang putih mentah dibejek, lalu dikasih sedikit air. Setelah itu diperas, diambil sarinya aja. Perasan kunyit bawang tadi ditorehkan ke bagian luka dengan bantuan cotton bud. Jika masih kesulitan bisa dibawa ke klinik atau dokter hewan. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  40. Mau tanya klo luka bolong dikasih perasan kunyit , abis itu pk salep dokter aman ga ? Takut dijilatin , mknya pke kolar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pilih salah satu, kunyit aja atau salep. Lebih jelasnya konsultasikan ke dokter untuk pengobatan dengan obat tertentu. Dari apa yang saya alami, hanya memakai perasan kunyit, karena lebih alami.

      Iya, kolar lebih aman untuk menghindari jilatan. Terimakasih sudah berbagi pengalaman menggunakan kolar.

      Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  41. Setahuku bawang-bawangan beracun untuk kucing. Tapi klo kunyit aku udah pernah sukses ngobatin seluruh kurap di badan 2 ekor kucingku. Caranya bubuk kunyit sachetan kucampur ama minyak kelapa murni (VCO), trus gosokin 3x sehari. Kucingku jd kuning² selama 3 hari, tp sesudahnya sembuh dan bulunya tumbuh lebat kembali. Skrg aku mau coba kunyit utk abses di lehernya...tp mgkn gk aku campur air, melainkan NaCl/kangen water acid. Masih mau riset lg apa kunyit beracun bg kucing apa tidak. Thanks.

    ReplyDelete
  42. Setahuku bawang-bawangan beracun untuk kucing. Tapi klo kunyit aku udah pernah sukses ngobatin seluruh kurap di badan 2 ekor kucingku. Caranya bubuk kunyit sachetan kucampur ama minyak kelapa murni (VCO), trus gosokin 3x sehari. Kucingku jd kuning² selama 3 hari, tp sesudahnya sembuh dan bulunya tumbuh lebat kembali. Skrg aku mau coba kunyit utk abses di lehernya...tp mgkn gk aku campur air, melainkan NaCl/kangen water acid. Masih mau riset lg apa kunyit beracun bg kucing apa tidak. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya di sini. Ditunggu hasil risetnya terkait penggunaan kunyit pada luka kucing

      Delete
    2. Hi,aku mau lanjutin share pengalamanku dgn kunyit. Jadi kucingku udah pecah tuh, abses (bisul guede) di lehernya...supaya gk infeksi aku kasih dia minum Amoxicillin 500gr yg udah dipotong jd 12 bagian, 2x sehari (cekokin lgsg ke tenggorokannya), lalu lukanya aku bersihin pakai cairan infus (NaCl) campur Betadine. Sesudahnya aku coba kasih bubuk kunyit. Ternyata selama 3 hari nggak ada perkembangan berarti, malah itu luka makin lebar karena dia garuk² terus dgn kaki belakangnya. Akhirnya setelah riset lg, aku campur bubuk kunyitnya dgn minyak zaitun virgin (minyak kelapa virgin jg bisa) ternyata... alhamdulillah langsung terlihat perubahan berarti. Dalam seminggu luka semakin mengecil dan kering. Satu²nya kendala ya cuma si kucing ngeyel bgt garuk² kudisnya terus, jd sering berdarah lagi. Tapi pokoknya ampuh deh pengobatan alami dgn kunyit dan minyak ini...krn walaupun dijilat ama si kucing tidak menjadi racun. Paling lucu aja krn kucingku putih jd kuning² badannya, hehehe.

      Delete
    3. Terimakasih sudah berbagi pengalaman berharganya di sini. Semoga pengalaman ini bisa jadi wawasan tambahan bagi saya dan pengunjung yang membacanya.

      Sekadar berbagi, pencegahan kucing menggaruk lukanya sendiri, bisa menggunakan kolar.

      Syukurlah, pengobatan luka dengan kunyit dapat menjadi alternatif alami bagi si kucing

      Delete
  43. Kucing saya luka akibat serangan binatang lain...tapi kurang tau binatang apa.....kepalanya bolong bekas gigi tajam sperti gigi biawak....perut bawah nya luka serius sampe keliatan usus nya....gimana ya cara mengobati nya...?? Apa ada obat herbal yg bisa mengobati kucing saya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba ditetesi perasan kunyit di bagian luka yang bolong. Jika mengalami luka serius, alangkah baiknya langsung mendapat penanganan dokter hewan. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
    2. Sama seperti yg di alami dengan kucing ku saat ini, tp udh aku bwa dokter hewan trz hnya di beri salep ..

      Delete
  44. Kak kucing aku matanya kaya katarak gitu gmna yaa cara obatinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, kurang tahu mengenai masalah mata katarak. Bisa dibawa ke klinik atau dokter hewan, guna mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat. Semoga si kucing lekas sembuh

      Delete
  45. Kucing sy baru melahirkan, tpi kita tidak tahu dimana dia melahirkan anaknya.. beberapa hari kemudian akhirnya ketemu juga tpi kaki anaknya bengkak membusuk akibat terlilit benang. Cara mengatasinya gimana itu saudara? Kaki anaknya udah bengkak merah seperti membusuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luka dibersihkan dahulu menggunakan kapas kompresan air hangat. Lalus diteteskan perasan kunyit di bagian luka. Cara membuatnya: haluskan kunyit dan beri 1/2 sendok teh air. Ambil sarinya dan teteskan di bagian luka. Atau bisa juga gunakan botol semprotan. Semoga membantu dan si kucing lekas sembuh. Alternatif lainnya, dirujuk langsung ke klinik atau dokter hewan.

      Delete
  46. Kucing sy baru melahirkan, kita baru tahu lokasi anaknya beberapa hari setelahnya.. tpi ternyata kaki anaknya sudah bengkak merah dan membusuk karena terlilit benang.. penanganan terbaik buat anak kucing sy gimana saudara? Mohon bantuan sarannya..

    ReplyDelete
  47. halo kak kalo udh post 2hri dn setelah tak tetesin kunyit tdi bru sadar klo luka nya ad bulu yg mnempel gmn ya, kucing nya gk mau diam (masi guling2 dn lari2) pdhl kakinya luka ampe pincang, bulu nya di biarin smpe luka kering apa gmn ya? mau tk cabut kasian e pasti skit bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo lita,bisa dicoba dibersihkan perlahan dengan kapas yang sudah dibasahi pakai air hangat. Torehkan hingga bulu lepas dari luka. Lakukan ketika si kucing sedang tidur pulas. Semoga dapat membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  48. Kucing sy sdh 3hr ini kaki nya bengkak, entah ada yg pukul apa gmn sy g ngerti. Jalannya jd pincang, bt mkn mmg msh ada nafsu mskpn mkn cm sedikit² tp setidaknya msh ada yg msk. Slm ini sy cm bersihin pke aer n oles²in yg hgt² ke yang bengkaknya trus sy bungkus pke kain. Ada luka tp bkn luka berdarah, ini cm merah n bengkak. Kl sy ksh bwang putih sm kunyit bs juga ga ya?? Kl bs perlukah di tutup dbagian luka n bengkak nya?? Mhn info nya Guys, tmksh byk...

    ReplyDelete
  49. Kucing ak sdh 3hr sakit,kaki nya spt luka tp g berdarah dan skr bengka. Jalan nya pincang, tp makan alhmd masih bisa mskpn cm sedikit. Kl sy ksh air perasan bawang putih n kunyit bisa g, kl bs perlukah di balut kain atw perban? Krn slm kucing sakit yg sy lakukan cm membersihkan n mengoleskan pappermint kmdian di balut kain, mhn bantuan n infonya ya. Trmksh byk,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya coba menggunakan perasan kunyit terlebih dahulu dan lihat perkembangannya. Jika belum ada hasil bisa ditambahkan sedikit bawang putih. Alternatif lainnya, ambil potongan bawang putih, lalu torehkan di atas luka yang bengkak. Bisa juga dikonsultasikan ke klinik hewan, apabila bengkak berlangsung lama. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  50. Malam mas..
    Mas kucingku kyknya kena alergi atau apa gitu, soalnya bagian paha kirinya bengkak, terus belubang² keluar cairan, kurang lebih ada 10 lubang gitu, kita aja bru nyadar klo si kucing lg sakit, itu parahnya udah ampe 10 lubang mas, kayak abis dilubangi ulat² gitu.. pokonya ngeri, ampe kita aja mau megang takut ketular,itu obatnya apa yh mas? Biar lukanya cepat kering,, soalnya udah nular ke adeknya si kucing, tpi kucing yg satunya lubangnya bru 1,, mohon bantuanya mas. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi....
      Sebelumnya dibersihkan dahulu perlahan dengan kompresan air hangat. Selanjutnya bisa diteteskan perasan kunyit di bagian luka yang berlubang. Jika belum ada perkembangan, tambahkan secuil irisan bawang putih, sedikit saja dan campur dengan perasan kunyit. Lalu diteteskan di bagian luka. Alternatif lainnya, langsung dirujuk ke klinik hewan

      Delete
  51. Kucing saya 2 hari yg lalu datang dari luar dan dalam keadaan luka terbuka sampai keliatan otot dan tulang jari,bahkan sampai ada yg lepas. Bahkan luka tersebut sudah mengeluarkan bau dan udah saya bersihkan menggunakan rivanol dan bethadin. Bagaimana cara agar bisa lukanya kering dan cepat sembuh. Terimakasih info dan bantuan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya luka dibersihkan perlahan dengan kapas kompresan air hangat. Selanjutnya, diteteskan sari atau perasan kunyit di bagian luka. Sebisa mungkin dilakukan secara rutin. Kira-kira 2-3 tetes per hari atau secukupnya.
      Proses penyembuhan luka tergantung seberapa dalam luka tersebut.
      Apabila dalam jangka waktu lama belum ada perkembangan, bisa dibawa ke klinik hewan.

      Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  52. Saya menemukan kucing liar dengan keadaan luka di bagian jari" kakinya putus,saya tidak bisa membersihkan lukanya karna sang kucing sangat galak, hanya bisa menyemprotkan kunyit yang diberi bawang putih seperti keterangan diatas.. apa tidak apa apa?
    Apa kira" lukanya akan bisa sembuh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman pribadi, perasan kunyit bisa membantu proses penyembuhan. Jika jari-jari kakinya putus, alangkah baiknya dibawa langsung ke dokter atau klinik hewan untuk penanganan yang tepat. Semoga dapat membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  53. Salam mas
    kitten saya diterkam kucing dewasa sampai ada 3 luka bolong dileher belakang, kondisi kucing seyertinya trauma lewas dan maunya tidur trs tidak mau makan cara pengobatannya gimana ya mas? mohon bantu infonya terimaksasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam kondisi tersebut, si kucing butuh ketenangan.

      Selain itu, penanganan luka bisa dengan dibersihkan perlahan dengan kompresan air hangat. Selanjutnya diteteskan perasan kunyit di bagian luka yang berlubang. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  54. Salam mas,
    Kitten saya diterkam kucing dewasa smp ada 3 luka berlobang dibagian leher belakang, kondisi kucing lemas tidak mau makan, tolong bantu info penanganan dan pengobatannya ya mas terimakasih

    ReplyDelete
  55. Kak kucing saya kitten umur 4 bulan . dia ad luka gt dileher . saya gatau itu gara gara kegaruk atau gimana .kmaren saya obatin kasi btadine udah kering . trs bbrpa hri kemudian saya liat luka lagi .saya gatau dia garuknya kapan . obatnya apa ya kaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Upaya pencegahan agar si kucing tidak menggaruk, bisa menggunakan kolar (alat melingkar di leher). Pemakaian kolar kadang membuat si kucing kurang nyaman.

      Rutin menempelkan irisan bawang atau tetesan kunyit bisa jadi alternatif untuk proses penyembuhan luka. Semoga membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  56. Kucing saya luka lecet..blm saya obati apapun kucingnya udah mw menjilati lukanya tapi setiap luka udah mau mengering sama kucingnya dijilati smp ngelupas lagi...solusinya gmn ya kak biar lukanya cepet sembuh n bisa tumbuh bulu lafi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pencegahan supaya si kucing tidak menjilati tubuhnya, bisa dipakaikan kolar dan diberi tetesan kunyit. Semoga bermanfaat dan kucing lekas sembuh

      Delete
  57. Kak mau tanya . Kan saya punya 2 kucing terus berantem yang satu bagian bawah hidung sampai bibirnya ada luka kayak sobek gitu. Udah 3 hari ini belum kering" . Kucingnya jadi susah makan sama keluar air liur terus . Kalau pakai metode seperti yg diatas bisa nga ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditempelkan irisan bawang atau ditorehkan perasan kunyit. Semoga membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  58. Kak mau tanya dong, kucing say umurnya baru 2setengah bulan, dia digigit kucing besar, terus lubang di kepalanya, gmana obat nya kak, soalny dia juga kayaknya trauma, soalny kalau disentuh di berontak, gimana kak😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara waktu, si kucing butub waktu sendiri sampai merasa tenang. Setelah itu diobati dengan ditetesi perasan kunyit pada bagian lubang lukanya. Pengobatan ini dari pengalaman pribadi. Alternatif lainnya si kucing dibawa ke klinik atau dokter hewan. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  59. Kucing saya luka di tangan kiri belakang berlubang mengeluarkan nanah dn ada belatung, terjadi berulang2, di dokter sdh berapa kali diobati dengan membuang belatung tp luka tdk kering, awalnya saya pikir sdh sembuh ternyata luka tertutup bulu dan mengering kemudian kelupas lagi kondisi yang sama, terjadi sampai berulang2 hingga sekarang...bagaimana mengatasinya, ke dokter pengobatan yang sama tp tidak pernah sembuh total pasti terulang lagi. Tolong bantu solusi karena ini sdh berjalan lama dan saya sedih lihat kucing saya semakin kurus dn susah makan. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah luka sudah dibersihkan atau belatungnya sudah diambil, bisa dicoba tetesan kunyit. Dari pengalaman pribadi, luka bernanah dibersihkan dahulu menggunakan kompresan ait hangat. Awalnya diteteskan perasan kunyit. Kalau belum ada perkembangan, bisa ditambahkan secuil bawang. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
    2. Terima kasih banyak, saya akn mencobanya.

      Delete
  60. Kucing saya luka di tangan kiri belakang berlubang mengeluarkan nanah dn ada belatung, terjadi berulang2, di dokter sdh berapa kali diobati dengan membuang belatung tp luka tdk kering, awalnya saya pikir sdh sembuh ternyata luka tertutup bulu dan mengering kemudian kelupas lagi kondisi yang sama, terjadi sampai berulang2 hingga sekarang...bagaimana mengatasinya, ke dokter pengobatan yang sama tp tidak pernah sembuh total pasti terulang lagi. Tolong bantu solusi karena ini sdh berjalan lama dan saya sedih lihat kucing saya semakin kurus dn susah makan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  61. Kucing saya luka di tangan kiri belakang berlubang mengeluarkan nanah dn ada belatung, terjadi berulang2, di dokter sdh berapa kali diobati dengan membuang belatung tp luka tdk kering, awalnya saya pikir sdh sembuh ternyata luka tertutup bulu dan mengering kemudian kelupas lagi kondisi yang sama, terjadi sampai berulang2 hingga sekarang...bagaimana mengatasinya, ke dokter pengobatan yang sama tp tidak pernah sembuh total pasti terulang lagi. Tolong bantu solusi karena ini sdh berjalan lama dan saya sedih lihat kucing saya semakin kurus dn susah makan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  62. Kak, lukanya boleh diperban pakai kain kasa gak? Atau dibiarkan kebuka? Soalnya kucing liar bukan peliharaan

    ReplyDelete
  63. Saat itu lukanya dibiarkan terbuka dan kucing liar juga. Jika hendak diperban, bisa dikonsultasikan ke dokter hewan untuk penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh.

    ReplyDelete
  64. Kucingku melahirkan 6 kitten di gang sempit yang Kotor, awalnya aku ga tau karna berhari-hari dia ga pulang. Aku baru tau setelah 2 Hari kemudian dan 4 kitten sudah mati. Aku pindahin yg hidup ke rumahku. Awalnya aku Kira mereka sehat tp aku baru sadar kalau salah satu dari mereka Ada Luka borok di leher dan dipusarnya yg mulai membau. Induknya masih mau menjilati lukanya tp bagaimana ya cara ngobatin kitten yg baru 4 hari biar cepat sembuh lukanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luka borok dibersih perlahan dengan kompresan air hangat. Selanjutnya bisa dioleskan/ diteteskan sedikit perasan kunyit.

      Sebelumnya kunyit ditumbuk dahulu dan diberi setengah sendok teh air, lalu diambil sarinya saja.

      Semoga membantu dan kucing-kucing lekas sembuh

      Delete
  65. Masssss tolong minta kontak wa nya dong please. Saya butuh banget buat nanya nanya pengobatan kucing saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, Saya tidak ada kontak WA. Kontak bisa melalui email.

      Pengobatan kucing yang Saya ketahui hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Apabila keadaan kucing membutuhkan penanganan serius, bisa langsung datang ke klinik atau dokter hewan terdekat.

      alternatif lainnya dengan menanyakan ke https://tanyadokterhewan.co
      m . Di sana dapat mencari jawaban seputar luka kucing dan mengajukan pertanyaan.

      Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  66. Luka kucingq agak dalam dan kulitnya lepas kak .kira2 ditetesin kunyit gk apa y
    .mo k drh mahal bget biayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba terlebih dahulu beberapa tetes, kira-kira 1-2 tetes. Jika ada perkembangan, pengobatan bisa dilanjutkan. Semoga membantu dan si kucig lekas sembuh

      Delete
  67. Ka, kucing saya berumur 3minggu dia ada luka sobek dibagian dada akibat di gigit sama kucing lain, awalnya luka sobeknya kecil, tp lama² semakin membesar, saya bingung hrs gmna kasian juga sama anak kucing nya kalo mau gerak sakit.. Tolong bantuan nya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti pengalaman ini, berawal dari luka kecil lalu membesar. Dicoba teteskan perasan kunyit di bagian luka yang sobek (3-4 tetes atau secukupnya). Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  68. Ka aku mau tanya aku menemukan kucing dengan bolong di leher yang sangat besar dan daging nya seperti nya sudah dimakanin oleh belatung begitu saya senter dibagian leher benar sudah terdapatbanyak leher lalu langkah awal apa yang saya harus ambil terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah pertama, luka dibersihkan terlebih dahulu menggunakan kompresan air hangat. Lalu perlahan belatung diambil atau dikeluarkan. Selanjutnya, bisa coba diteteskan perasan kunyit,kira-kira 3-4 tetesan (secukupnya). Alternatif lainnya bisa langsung dirujuk ke klinik/ dokter hewan.

      Semoga membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  69. Ka kucing aku luka, perutnya bolong gitu sampe keliatan dgingnya, apa bisa kalau juga pakai kunyit dan bawang, terus apa tidak apa2 kalau kunyit bawangnya terkena daging dalam perutnya si kucing?, Mohon infonya ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, dicoba perasan kunyit terlebih dahulu sampai beberapa tetes. Jika ada perkembangan, bisa rutin dilakukan 3-4 kali sehari.

      Tapi jika belum ada perubahan, bisa ditambahkan bawang tapi sedikit saja, paling tidak secuil.

      Lebih lengkapnya bisa tanyakan langsung ke klinik atau dokter hewan. Semoga membantu dan si kucing lekas sembuh.

      Delete
  70. kucingku luka bernanah&bau banget nih,trs kmrin liat mlh lihat ada belatungnya, jd kasihan sm si mpus😢😢
    pdhal sdh tk bersihkan pkai rivanol trs lukanya sy tetes betadine tp kok nggak kering2 ya mas..
    nahhh pertanyaan sy klau pkai perasan kunyit itu kira2 brp lama luka bs kering trs menutup, soalnya sdh berlubang & bau menyengat banget busuk tp kasihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalaman, luka kucing mengering dalam waktu beberapa jam. Tapi tergantung seberapa besar lukanya.

      Kemungkinan juga setelah kering bisa keluar nanahnya lagi kalau si kucing terlalu keras menjilatnya.
      Butuh waktu berhari-hari sampai lukanya benar-benar mengering. Kalau nafsu makannya bagus dan mau makan dengan lahap,bisa mempercepat kesembuhannya juga.

      Bisa dicoba ditetesi perasan kunyit, 3-4 tetes atau secukupnya. Meihat dulu perkembangannya seperti apa. Alternatif lainnya, diperiksakan ke klinik atau dokter hewan

      Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  71. Beberapa hari yg lalu kucing saya terkena mastitis sampe akhirnya kelenjar susunya pecah, dan menjadi berlubang sktr 4cm, udah dijahit tapi beberapa jahitannya lepas
    Pengobatan sementara masih pake salep dan antibiotik dari dokter, mau nyoba dipakein tetesan kunyit tapi msh ragu karena pada bagian yg berlubang ada jaringan" untuk kelenjar susunya, takut terjadi apa" jija bagian dalamnya terkena tetesan kunyitnya. Setelah disalep juga dipakein collar, mungkin ada masukkan sedih bgt liat si mpuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin perlu rutin diberi salep dan antibiotik sesuai petunjuk dokter. Jika ingin meneteskan perasan kunyit, bisa dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu

      Semoga si kucing lekas sembuh

      Delete
  72. Kak mau tanya kucingku luka di belakang telinga, awalnya ada benjolan terus kucing ku garuk" lukanya terus sampai lukanya bolong keluar nanah, darah sampai keliatan dagingnya, apa bisa kak pakai perasan kunyit bawang putih? Mohon infonya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman pribadi, lukanya hampir serupa: bolong dan keluar nanah. Awalnya mencoba diberi perasan kunyit, lalu dilihat perkembangannya. Jika ada perkembangannya, tidak perlu pakai bawang putih

      Lebih jelasnya langsung dibawa ke dokter atau klinik hewan, untuk mendapat penanganan yang tepat

      Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  73. Maaf, kucing saya kakinya luka khususnya pada paw nya, setiap sy bersihin pakai rivanol lukanya berdarah lg, semula lukanya kecil tp karena dibuat jalan dan selalu dijilati lukanya semakin lebar. Apa juga bisa dikasih perasan air kunyit & bawang putih? Mkasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman pribadi, dicoba pakai tetesan kunyit terlebih dahulu, lalu dilihat perkembangannya. Atau bisa ditanyakan/diperiksakan ke kliknik/ dokter hewan terdekat.

      Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  74. Kak... Share dong, klo kucingku kyanya kena air panas/ sesuatu yg panas, abis main keluar pulang2 udh kesakitan esok harinya bulu perutnya rontok kultnya mengelupas, sya kasih bioplacenton mengering dan keras, skrg sudah mengelupas tp lukanya basah dan sekarang mengeluarkan nanah... Apa bisa juga diobati dengan perasan kunyit..

    ReplyDelete
  75. Kak... Share dong, klo kucingku kyanya kena air panas/ sesuatu yg panas, abis main keluar pulang2 udh kesakitan esok harinya bulu perutnya rontok kultnya mengelupas, sya kasih bioplacenton mengering dan keras, skrg sudah mengelupas tp lukanya basah dan sekarang mengeluarkan nanah... Apa bisa juga diobati dengan perasan kunyit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dikonsultasikan dahulu ke dokter atau klinik hewan. Kalau ingin diberi tetesan perasan kunyit, bisa dicoba sekali dulu lalu dilihat perkembangannya.
      Semoga membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
    2. terus skrg gmna kak? apa udah sembuh? mohon bantuannya kak, kejadiannya sama persis, kucingku juga pulang2 dr main kulitnya kyk kesiram air panas, bbrapa hari kemudian luka nya kering tapi malah jadi ngelupas, berdarah dan bernanah gitu, aku kasih revanol malah dijilatin terus sama kucingku, aku bingung harus gimana. mohon bantuan dan saran nya kakak kakak :(

      Delete
    3. Sekarang sudah sembuh dan tidak ada bekas lukanya. Kejadian ini juga sudah lama, sekitar tahun lalu. Awalnya sempat bingung dengan penangannya hingga ketemu caranya dengan tetesan tersebut.
      Proses penyembuhan berbeda-beda tergantung dari seberapa parah lukanya. Dulu sampai berhari-hari baru sembuh karena lukanya berlubang.

      Semoga si kucing bisa segera sembuh

      Delete
  76. Kucing ku jg gitu kak, pulang* jalannya udah pincang. kira* itu karena apa yah kak penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena berkelahi dengan kucing lain, kecelakan hingga faktor lainnya. Apakah ada bagian tubuh kucing yang terluka?

      Tidak bisa memastikan penyebabnya apa, tapi supaya lebih jelas bisa langsung dirujuk ke dokter, klinik hewan atau ahlinya.

      Semoga si kucing lekas sembuh

      Delete
  77. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  78. selama mpusnya mau jilatin lukanya bakal sembuh sendiri kak? atau harus di dampingi sama tetesan kunyit dan bawang?
    kalo sering dijilatin bakal nyebar ga tuh? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman, masih didampingi tetesan kunyit dan bawang sekitar 3-4 kali tetesan. Setelah itu si kucing menjilati sendiri hingga berangsur sembuh. Luka sempar melebar sebentar, lalu normal kembali

      Bisa juga dibawa ke dokter atau klinik hewan, jika ingin mengetahui luka dan penanganan yang lebih tepat

      Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  79. Kucing aku juga gini masih anakan. Aku ga ngerti penanganannya, semoga setekah nyoba ini bisa. Kasihan bangetz emnag bener2 memprihatinkan keadaanya sekarang udah kaya mau meninggal :( dia keluar nanah terus. Kasihan banget. Doain kucingku sembuh ya kak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi teringat kejadian saat si kucing luka, badannya lemas dan juga memprihatinkan seperti itu.

      Aamiin, semoga si kucing lekas sembuh

      Delete
    2. Sedih banget, sehabis nulis komen diatas ini kucing ku meninggal kak.

      Delete
    3. Yang tabah ya neng...
      Turut berduka cita atas meninggalnya si kucing. Semoga si kucing tenang di alamnya.

      Semoga juga bisa jadi pembelajaran ke depannya, jika mempunyai pengalaman serupa

      Delete
  80. Hay kak...kucing aku ada luka di bagian punggung bentuk lukanya bulat dan sepertinya berlubang, didalam lukanya itu ada seperti telur2 kecil dan banyak...enta itu luka dari kutu/jamur/tungau...saya bingung harus diobati pake apa ?? Apa kah Kaka tau obatnya apa...aku bibgubi kasihan kucing ku keadaan kucing sedang hamil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memungkinkan, telur-telur kecil dapat diambil terlebih dahulu.
      Pengobatan dengan kunyit mungkin bisa dicoba, tapi mengingat kondisinya sedang hamil, belum tahu apakah ada efeknya. Bisa konsultasikan ke ahlinya, klinik atau dokter hewan.

      Semoga si kucing lekas sembuh dan melahirkan dengan lancar

      Delete
  81. Sudah kucoba utk kucingku bo'i,luka terbuka sangat lebar dikaki depan bagian dalam pakai perasan air kunyit dg bawang putih.
    Sudah dua kali dijahit lukanya,tapi jahitannya lepas terus,kasian banget luka sudah 6 bulan nggak kunjung sembuh.
    Smoga dg obat kunyit dan bawang putih lukanya bisa sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut prihatin sebelumnya. Semoga si kucing lekas sembuh dan lewat perantara obat tersebut bisa membaik

      Delete
  82. Kak kucing aku punya luka berlubang gtu di kakinya trs sama dia di jilatin, trs mungkin gatel kali ya jdi dia juga gigit2 gtu alhasil kakinya jdi pendarahan. Kira2 klo saya kasi kunyit beserta ampasnya lalu lukanya saya tutup itu gapapa kak?apa luka nya tetep bisa kering kalo saya tutup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman, luka hanya ditetesi perasan kunyit. Belum pernah mencoba ditutup perban.
      Semoga lekas sembuh si kucing

      Delete
  83. Kak, kucing aku luka sobek 2 tempat di bagian perut dekat susunya dan sangat dalam, sedangkan dia lagi nyusuin anaknya yang baru berusia 10 hari
    Bagaimana cara mengatasinya dan bolehkah diperban biar tidak terkena cakar anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dirujuk ke klinik atau dokter hewan untuk mendapat penanganan lebih tepatnya, mengingat lukanya begitu dalam dan berada di dekat area sensitif

      Delete
  84. Bg kucing ku kulit nya luka infeksi mungkin karna lembab sampek bernanah gitu tapi umurnya kurang lebih 1 bulan obat nya yg cocok apa yah bg
    Belum.gajian aku soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman pribadi, mencoba pakai perasan kunyit. Ditetesi sedikit perasan kunyit, sekitar 3 tetes saja. Semoga bermanfaat dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  85. Ka kucing ku kan ketabrak motor pas lgi nyebrang. Terus luka d kepalanya sampai terlihat tempurungnya gimana ka cara ngobatinnya kasian kucing ku ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alangkah baiknya langsung dirujuk ke klinik atau dokter hewan untuk mendapat penanganan yang tepat. Soal pengobatannya, Saya kurang tahu apakah perasan kunyit bisa bekerja atau tidak jika diaplikasikan ke bagian luka tersebut. Semoga si kucing lekas sembuh

      Delete
    2. Mau tanya dong kak , kucing aku ada luka seperti sobek di bagian kaki , biar cepat kering menggunakan apa ya kak , aku bner" kasian sm luka nya , untuk penangan saat ini aku perban kaki diaa kak , apa ada solusi agar cepet kering

      Delete
    3. Setahu saya perasan kunyit bisa membantu proses penyembuhan atau luka lekas mengering

      Proses penyembuhan luka tergantung dari seberapa dalam luka tersebut. Jika luka semakin dalam, kemungkinan proses penyembuahnnya juga membutuhkan waktu cukup lama

      Boleh dicoba pakai perasan kunyit dan dilihat apakah ada kemajuan. Di satu sisi, si kucing juga perlu asupan makan dan waktu istirahat yang cukup

      Delete
  86. Maaf kak syaa minta tolong bantuin nya kucing saya dibagian kaki nya terlihat robek gtu , dan saya bngung obtn pake apa , sudah coba sya ksh betadin dalam perban , tetep ga ada perubhan , saya butuh solusinga kak , saya mau bawa ke dokter low badget kak karena blm gajian , obat yg bner" cepet apa ya , soalnya robek gtu di bagian kaki deket tungkak si kucing , mohon bantuan nya kak ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luka dibersihkan dulu perlahan dengan kompresan air hangat. Setelah itu bisa dicoba pakai perasan kunyit. Diteteskan di bagian luka, sebanyak 3-4 tetes dan lihat perkembangannya. Ini dari pengalaman pribadi

      Semoga bisa membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  87. Kak mau tnya kucing aku ada luka sobek dibagian kaki nya , aku ga tega lihat , dan pngen aku bwa ke dokter aku low badget sekali :'( apa ada solusi obt agar bsa kering , untuk saat ini kucing aku keadaan nya sehat hanya saja kaki terluka kak , apa ada solusi agar sembuh kembali :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba pakai perasan kunyit. Cara membuatnya, 1 ruas kunyit ditumbuk lalu diberi sedikit air (1/2 sendok teh)
      Perasan kunyit diteteskan tepat di bagian luka
      Pengobatan alami ini berdasar pengalaman pribadi, luka si kucing bisa mengering. Tergantung juga seberapa dalam lukanya

      Semoga bisa bermanfaat...

      Delete
  88. Kak kucing aku ada luka seperti sobek di bagian kaki , apa ada solusi obt biar ceept sembuh kak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba pakai perasan kunyit, diteteskan sedikit saja (sekitar 3-4 tetesan).

      Proses penyembuhan tergantung tingkat keparahan pada lukanya

      Semoga membantu dan si kucing lekas sembuh

      Delete
  89. Kak Kucing ku umur 5 bln dia Flu, sembuh, dan flu lagi, Hidungnya berair dan seperti ada luka di sekitar lubang hidungnya, gimana cara menangani nya kak ? Dan Saran juga obat alami apa yg cocok untuk kucing sedang flu. Terimakaish

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, sejauh ini belum tahu pengobatan alami untuk kucing yang sedang flu

      Kalau menguranginya, bisa dengan membersihkan hidung menggunakan kompresan air hangat. Disarankan si kucing rutin berjemur di pagi hari

      Semoga bermanfaat

      Delete
    2. Mohon maaf, sejauh ini belum tahu pengobatan alami untuk kucing yang terkena flu



      Delete
  90. Kucing saya dibagin pangkal ekornya
    ada bengka sepertinya luka didalam kulit. bagai mana cara saya mengobatinya sedangkan lukanya tidak terlihat hanya sekedar bengka saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perasan kunyit bisa diteteskan di bagian bengkak

      Semoga bermanfaat

      Delete
  91. Kak , kucing saya terluka , terkena standar motor tetangga , sudah saya bersihkan luka nya dengan lap dan air hangat,juga saya tetesi Betadine,skrng keada'an nya sudah bisa makan dan minum walaupun gigi bagian bawah nya hampir patah semua , hanya saja skrng saya mencium bau amis seperti nanah , apa bisa saya tetesi kunyit di bagian mulutnya kak , saya tunggu jawabannya ya kak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lukanya cukup parah, akan lebih baik dirujuk ke dokter atau klinik hewan supaya mendapat penanganan tepat. Mengingat ada kaitannya dengan gigi.

      Jika ingin memberikan kunyit, ditorehkan sedikit saja.

      Dari pengalaman pribadi, luka si kucing saat itu bolong dan bernanah di bagian punggung.

      Semoga si kucing lekas sembuh ya

      Delete
  92. Masalah nya luka nya terletak di bawah hidung kucing ku tepat di atas mulut nya 😩 gimana dong

    ReplyDelete