Monday 23 July 2018

Kumpulan Ilustrasi yang Bisa Kamu Jadikan Bahan Renungan

Sebuah ilustrasi tidak hanya hadir sebagai pelengkap keindahan, namun juga dapat menyampaikan pesan tersirat di dalamnya. Postingan ini lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu "Makna Dibalik Karya Istiana Fi". Langsung simak apa aja sih pesan dari ilustrasi-ilustrasi berikut?

1. Dengarkan Hatimu.

Ig Istiana_Fi

Pernah gak? Kamu mengalami masa dimana kamu jadi bahan gosip orang, difitnah hingga mengalami sesuatu yang bukan dirimu? Ilustrasi di atas membawa pesan kepada semua orang untuk senantiasa mendengarkan kata hati masing-masing.


Jantung tersebut diibaratkan seperti hati atau bisa juga berkaitan dengan emosi seseorang. Sedangkan earphone yang tersambung, menyiratkan untuk mendengar. Ditambah ranting-ranting pohon, syarat akan kehidupan. Daripada mendengar perkataan negatif orang lain, lebih baik dengarkan kata hatimu dan terus tumbuh menata masa depan.

Terkadang ada orang yang terlalu memikirkan pendapat negatif mengenai dirinya, hingga lupa bahwa dia berhak merasakan bahagia.


2. Dark.

Via ig istiana_fi

Sebuah penggambaran sosok ketika sedang berada dalam dunia kegelapan. Entah itu gelap hati, pikiran hingga kenyataan yang dialami. Terjerat kegelapan memang sulit keluar, bak dililit oleh akar-akar berduri. Maka dari itu, diperlukan uluran tangan supaya bisa keluar dari jeratan-jeratan tersebut.

3. Sword. 

Instagram Istiana_Fi

Kata-kata bisa menjadi sebuah senjata sekaligus pedang tajam yang menusuk hati. Baik perkataan secara lisan maupun tulisan.

Ilustrasi dibuat karena mengingat fenomena bullying begitu merajalela di abad ini. Simbol tangan berpijak dan mulut berperan sebagai gagang pedang. Sesekali dapat menghujam jiwa orang yang mendengar atau membacanya.

Berhati-hatilah dengan mulut dan tangan.

4. Hope.

Via anitsi@deviantart

Impian bergelantungan di atas, menunggu si pemilik impian menggapainya. Apabila ia terus berusaha dan tidak mampu meraihnya, maka impian itu pupus seketika.

Teruslah berusaha sampai impianmu tercapai.

5. Ambigu.

Ig : istian_fi

Ilustrasi di atas sepintas membingungkan. Coba balik gambar tersebut, maka akan terlihat objek lain, berupa pepohonan, rumput serta pemandangan lain. Namun orang yang duduk di ayunan menjadi terbalik.

Seperti judulnya "Ambigu", dikorelasikan dengan kehidupan yang kadang dapat membuat seseorang merasa ambigu. Memandang 'sesuatu' dari berbagai sisi dan hanyut di dalamnya, akan terasa membingungkan ketika seseorang sedang memutuskan pilihannya.

Di sinilah peran sebuah do'a, yang mampu mengeluarkanmu dari dunia nan ambigu.

6. I(m)possible.

Ig: istiana_fi

Orang berpikir mustahil jika ia berpikir sempit lalu memutuskan mengurung diri dan menghindari banyak orang. Namun semua akan berubah, kalau dia mau membuka diri serta berpikir lebih luas. Alhasil peluang-peluang baru bermunculan. Impian yang semula terlihat mustahil, tanpa sadar bisa terwujudkan. Langkahnya seolah-olah dipertemukan dengan orang-orang sekaligus pengalaman yang semakin mendekatkan dirinya pada tujuan (mimpinya), seperti penggambaran orang-orang kecil pada ilustrasi di atas.

7. Balon Rasa. 

Balon itu sensitif

Ilustrasi ini berkaitan dengan ilustrasi sebelumnya "Sword". Hampir sama maknanya, hanya saja pada ilustrasi "Balon Rasa" lebih menekankan sisi mood (suasana hati). Ada kalanya seseorang sudah merasa bahagia seharian, tiba-tiba muncul sekelumit perkataan yang memperburuk suasana hati.

Si kreator sendiri menggambarkan emosional dalam bentuk "balon", karena identik dengan sensitivitas.

8. Seperti Benang.

Beradu tak berujung

Kalimat pernyataan "Cewek selalu benar dan cowok selalu salah". Seringkali meramaikan candaan dalam bentuk 'meme'.

Perempuan itu rumit seperti benang mbundhet yang mungkin membuat sebagian orang malas merapikannya. Di sisi lain, pemkiran laki-laki lebih sederhana karena mengedepankan logika. Sebenarnya keduanya bisa saling mengisi dengan kelebihannya masing-masing. Tidak perempuan atau laki-laki diminta untuk senantiasa bersabar dalam menjalani hubungan sosial.

"Cowok gak peka" kalimat itu tidak aneh, sebab perempuan lebih mengandalkan perasaan. Segala sesuatu dari hati yang terdalam, sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Bisa dibilang ilustrasi ini membawa pesan, tiap individu saling koreksi diri dan enggan  menyalahkan orang lain.

Ilustrasi tersebut tidak bermaksud memihak salah satu gender, baik perempuan atau laki-laki.

Satu hal lagi, jangan pernah bilang "Cewek selalu benar, cowok selalu salah". Itu pertanda bahwa ....

Cukup sekian ulasan singkat mengenai ilustrasi-ilustrasi yang tersedia. Jika ingin tahu ilustrasi lainnya bisa mampir ke ig: istiana_fi. Sayangnya di sana jarang sekali diberi "caption" :D

Lebih nyaman mengulasnya di blog ini...

Semoga bermanfaat... Terima Kasih sudah berkunjung :)

Jangan lupa coret kesan dan pesannya di kolom komentar :) 

No comments:

Post a Comment