Friday 21 September 2018

Lezatnya Resep Puding Waluh dengan Sentuhan Kekinian

Hai sobat blogger, ada yang tahu waluh? Sejenis labu kuning atau sering disebut pumkin. Buah ini kaya akan serat, zat besi, vitamin A, B, protein, potasium dan rendah lemak.

Buah waluh punya beragam jenis, salah satu jenis waloh yang paling pulen dan enak untuk diolah adalah waloh ketan. Jenis ini berbeda dari waloh pada umumnya, waloh biasa memiliki ukuran lebih besar dibandingkan waluh ketan.

Mengapa disebut waluh ketan? Karena teksturnya yang empuk ketika sudah matang. Daging buah waluh kebanyakan diolah menjadi kolak waluh dan bijinya diproses menjadi camilan kuaci. Selain itu, waluh bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat puding.



Nah, kali ini si blogger bakal bagi resep puding waluh enak dan kekinian. Yuk simak langsung seperti apa bahan beserta proses pengolahannya?

Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut:

1/4 waluh ketan

5 sendok gula pasir

1 buah gula jawa

1/2 santan bubuk ( bisa juga menggantinya dengan santan kental)

4 cup air

1 sachet agar-agar putih

Langkah-langkah membuat resep waluh enak dan kekinian:

1. Ambil 1/4 waluh ketan , lalu potong hingga beberapa bagian dan kukus hingga matang.

2. Selanjutnya, haluskan waluh menggunakan blender atau cobek.

3. Siapkan wadah panci, tuangkan 4 cup air, gula pasir, dan 1/2 santan bubuk, dan 1 sachet agar-agar putih. Setelah itu, masukkan juga adonan waloh yang sudah dihaluskan tadi ke dalam panci.

4. Masukkan 1 buah gula jawa dan panaskan adonan tersebut sampai mendidih. Selama memasak, usahakan lebih sering mengaduknya supaya adonan tercampur secara merata.

5. Angkat adonan, lalu tuangkan ke dalam mangkok atau wadah kotak-kotak yang biasanya digunakan untuk membuat es batu.

6. Dinginkan atau simpan di dalam lemari pendingin.

7. Puding waluh ketan siap dihidangkan.

Selain bahan santan, kamu juga dapat menambahkan atau menggantinya dengan susu. Apabila ingin memberikan aroma sedap, masukan 1 hingga 2 lembar daun pandan.

Sajian puding waluh bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika ingin menikmati sensasi rasa yang berbeda, kamu bisa menambahkan bubuk coklat, green tea hingga varian rasa lainnya, sebelum adonan memadat. Kamu dapat membubuhi serbuk ke wadah terlebih dahulu,kemudian tuangkan adonan di atasnya.

Puding waluh ini menjadi lebih nikmat ketika disajikan bersama ice cream atau ditambahkan toping tertentu, seperti red velvet, lelehan coklat, fla, hingga buah-buahan.
Cukup sekian dulu sobat blogger, selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment