Wednesday 10 April 2019

Nikmatnya Mencicipi Ayam Kendil; Keunikan Rasa yang Membuat Ketagihan


Hallo sobat blogger, sudah lama tidak update soal makanan. Postingan sebelumnya lebih banyak berbagi info resep, nah kali ini si blogger bakal review salah satu kuliner yang menggugah selera dan berbeda dari kuliner pada umumnya.


Kalau dilihat dari beragam sajian kuliner di warung hingga restoran, tersedia aneka menu ayam dengan beraneka macam olahan, mulai dari ayam goreng tepung, ayam goreng biasa, ayam bakar sampai ayam yang dibalut racikan bumbu tertentu. Masakan ayam juga mulai bervariasi, baik menggunakan cara tradisional maupun kekinian.

Saat ini kuliner ayam memang masih menjadi primadona masyarakat. Tak heran jika menu berbahan ayam terus mengalami inovasi. Misalnya, ayam dilumuri salted egg, ayam geprek dan menu ayam lainnya. Dari sekian menu yang ada, si blogger bakal mereview salah satu menu unik, yaitu menu ayam kendil.

Kenapa disebut ayam kendil? 

Lain dari cara memasak pada umumnya, ayam dimasak dalam sebuah kendil dan sudah dilumuri bumbu terlebih dahulu.
Awal mulanya, si blogger tahu kuliner ini dari kakak. Saat pulang ke rumah, tiba-tiba kakak membawakan satu ekor ayam kendil. Meski bernama ayam kendil, bukan berarti kemasannya berupa kendil, tapi tetap memakai kardus dengan kemasan yang menarik.

Pertama kali menatap ayam kendil ini, ada ciri khas yang berbeda dari sajian ayam lainnya, yaitu semua permukaan ayam tertutup oleh irisan brambang (bawang merah) goreng. Si blogger mengira ayam kendil hanya dimasak di kendil lalu ditaburi brambang goreng. Namun ternyata salah, bagian terluar ayam diselimuti bumbu yang tebal dan merasuk ke bagian tulangnya.

Lantas apa sih yang bikin ketagihan?

Menurut si blogger sendiri, bumbu rempah nan khas membuat aroma dan rasanya menjadi unik. Ketika melihat sajian ayam kendil, jadi teringat dengan kuliner rendang. Meski demikian, cita rasa benar-benar berbeda dari rendang. Bahkan kamu bisa memesan rasa sedikit pedas dan ada tambahan sambal uleg. Kalau penasaran, langsung aja ke tkp.

Buat kamu yang sedang berkunjung ke Solo atau Jogja, bisa mampir ke alamat berikut untuk mencicipinya:

Jl. Pandean 1 No. 46B Condong Catur, Sleman, Jogja. Telp 0274 - 2923323
Jl. Sidan_ mulur, Polokarto, Sukoharjo
Jl. Dr. Radjiman (Dekat Hotel Kusuma Solo, Samping warung jual degan)
Jl. Bhayangkara No. 63, Solo





No comments:

Post a Comment