Friday 30 August 2024

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Capcut?

Hai, sobat blogger.. lama tidak berjumpa. Artikel sebelumnya sempat ada pembahasan "Mencari penghasilan lewat internet", salah satunya "Dapat uang dari Capcut". Benarkah bisa menghasilkan uang dari Capcut? Yuk simak lebih lanjut pengalaman jadi kreator Capcut. 

Kurang lebih 1 tahun sudah mulai mencoba membuat template dan mendaftarkan diri menjadi kreator video di Capcut. Jika ingin tahu lebih detail tentang cara daftarnya, bisa baca artikel sebelumnya

Sebenarnya capcut versi terbaru tidak hanya untuk fitur video saja tetapi juga mulai merambah ke AI hingga template poster gambar. Di sini akan dibahas khusus video saja ya,,

Awal daftar capcut, ku kira harus pilih agency (komunitas tertentu di Capcut), alhasil memutuskan untuk daftar di salah satu agency. Kamu bisa pula daftar independent atau mandiri tanpa agency. Sayangnya kurang paham tutorial untuk jadi kreator independen karena menurut pengalaman langsung daftar ke agency.

Tidak ada potongan apapun dalam agency, malah menurut pribadi sangat membantu dalam proses pembuatan template karena ada banyak benefit, seperti dapat mentahan/ konten untuk membuat template, mengetahui trend atau template yang sedang viral, terkadang berbagi informasi seputar tutorial, bisa tanya jawab sesama kreator, hingga info mengenai sistem reward maupun sistem terbaru Capcut. Jadi peran agency adalah support bagi para kreator capcut. Komisi (reward) diperoleh secara utuh dan tidak ada potongan biaya apapun, bahkan ketika kamu ikut agency. 

Di kreator Capcut, ada berbagai tingkatan level. Sistem lama, level 0 atau level 1 belum bisa mendapatkan reward, berbeda dengan sistem terbaru 3.0, sudah berpeluang dapat komisi. Semula level hanya sampai 1-7, sekarang sudah berubah jadi level 1-8. 

Semakin tinggi level semakin banyak fasilitas, fitur dan keuntungan yang diperoleh kreator capcut. Misal: Di level 5, bisa dapat fitur promosi (iklan) guna menaikan viewers. Biasanya fitur ini berlangsung secara otomatis. Punya lencana "Rising creator" di foto profil akun. Seperti gambar di bawah ini: 





Mampir ke capcut gembul_nicole(HM) ya.. hehehe..

Setiap level terdapat fasilitas tersendiri. Jika sudah mencapai level 6, bisa punya kesempatan mencoba "Capcut Pro" gratis selama 7 hari dalam sebulan. Capcut Pro dikenal sebagai capcut mode berbayar. Kini mulai muncul juga template-template "Pro" (Berbayar) jika ingin ekspor template tersebut. Lumayan ini, kemungkinan akan membuat kreator capcut tambah bersemangat. 

Lalu bagaimana cara dapat reward? 
Reward tidak hanya berupa uang dollar tapi bisa berwujud penambahan poin untuk menaikkan level. Tergantung event dan keaktifan kreator dalam membuat template. 

Ketika produksi 1 template, umumnya akan dapat penambahan poin ( berdasar pengalaman pribadi, kualitas template ikut memengaruhi jumlah banyaknya poin). Reward poin juga bisa berasal dari absen kehadiran di zoom meeting dengan mengisi link formulir dan aktif membuat template saat event berlangsung. 

Reward dolar dapat dihasilkan dari template itu sendiri, misal: template berlabel "Pro". Fitur "Pro" komisinya berbeda-beda. Ada yang Pro '3000', Pro (5000) dan Pro (khusus untuk pengguna yang ingin mengedit template lebih jauh). 

Selain itu, jika menang event-event tiap bulan juga bisa dapat reward dolar. Dari pengalaman pribadi, pernah dapat $2 selama 4 kali, total $8 sebagai hadiah keaktifan membuat template AI. Ketika event dibuka akan ada persyaratan tertentu, misal harus ada yang ekspor minimal 1 pengguna, produksi minimal 5 template setiap minggu. Kalau dulu sempat ikut event HQ, bukan berdasarkan banyaknya template tapi kualitas konten (footage) harus jernih. Dapat 2 kali namun hanyasekitar ($0, 52). 



No comments:

Post a Comment