Wednesday 26 February 2014

All About Seni Rupa (Semua tentang Seni Rupa) : Suka Seni Rupa tapi Bingung Pilih Jurusan

Hoam.. gak terasa waktu menunjukkan pukul 1.13 WIB tapi pingin banget nulis postingan yang satu ini mumpung ada wangsit hehe.
Bicara tentang Seni Rupa tidak akan ada habisnya. Kali ini ingin membahas apa aja sih yang berkaitan dengan dunia kesenirupaan.

Definisi seni ada banyak lho, menurut pribadi seni adalah sesuatu yang menyenangkan dan mampu mengubah hal biasa menjadi luar biasa. Bisa dikatakan juga 'bermain-main' dengan realitas dan dibumbuhi imajinasi. Sedangkan Rupa adalah wajah, tampak dilihat oleh mata.


Dulu masih ambigu dengan seni rupa, ku kira hal-hal yang berkaitan dengan seni rupa hanyalah menggambar. Namun setelah tahu seluk beluknya, ada beberapa spesifikasi bidang seni rupa jika ingin mempelajarinya secara fokus.

Buat kamu yang suka animasi, komik, desain grafis, papercraft, fotografi maka jurusan Desain Komunikasi Visual adalah yang paling tepat. Jika ingin mempelajari seni yang benar-benar murni, unsur emosi dan filosofis lebih kuat, dominan pada estetika (keindahan) maka pilih Seni Rupa Murni. Di sini kamu akan berkutat pada karya-karya artistik yang menonjolkan sisi keindahan seperti lukisan, patung dan lain-lain. Sedangkan yang menyukai dekorasi ruang, membuat produk-produk interior, mengatur ruang, membuat miniatur ruangan, maka pilih Desain Interior. Terakhir, untuk kamu yang suka dengan kain, benang , serat maka masuk ke Kriya Tekstil. Di sana , kamu akan diajarin cara membuat surface design (desain permukaan) dan structure desain (desain struktur). Desain permukaan itu seperti batik, printing, ikat celup sedangkan desain struktur seperti rajut, macrame, dan tapestry. Tak sekedar itu tapi juga diajarkan bagaimana membuat produk tekstil itu sendiri. Dari sekian bidang pada awalnya kamu akan menemukan materi 'nirmana dwimatra' dan 'nirmana trimatra', Kedua materi tersebut sangat membantu sekali dalam berkarya. Kamu akan diajarkan bagaimana mengkomposisikan bentuk, warna, tekstur, volume dengan prinsip-prinsip dasar seni rupa hingga menjadi satu kesatuan yang baik.

Nir artinya tidak , Mana artinya bentuk. Jadi Nirmana adalah sesuatu yang tidak berbentuk. Dwimatra : dua dimensi dan trimatra : tiga dimensi. Dalam nirmana dwimatra, kamu akan diajarkan bagaimana memadukan unsur-unsur seni rupa dengan memegang prinsip-prinsip dasar seni rupa ke dalam bidang datar (dari satu arah depan). Sedangkan Trimatra lebih ke segala arah.  
Sementara ini dulu, karena bloggernya sudah ngantuk hehe.

Baca artikel lainnya terkait Seni Rupa :  Aktivitas-Aktivitas Ini Bisa Memperkaya Karya Visualmu Lho , Periode Orang-orang yang Berusaha Meningkatkan Skill Nggambarnya , Suka Duka Anak Seni Rupa

No comments:

Post a Comment