Friday 3 April 2015

Arti Konsumsi Bagi Diri Sendiri



Sebelum membeli suatu barang atau menggunakan jasa, saya dihadapkan oleh beberapa produk atau layanan jasa dengan label yang berbeda-beda. Masing-masing menawarkan dengann keunggulan produk atau jasa tersebut. Di sini saya menganalisa suatu produk yang berkualitas, sehingga bisa benar-benar memberikan manfaat dan apabila produk itu berupa barang tidak habis seperti handphone bisa bertahan lama. 
Proses perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan membeli, tahap pertama adalah adanya kebutuhan. Kebutuhan adalah sesuatu yang sebenarnya tidak diinginkan namun penting. Hal ini yang mendasari saya sebelum membeli suatu produk. Menganalisa kebutuhan yang paling penting diantara kebutuhan yang lain pada kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, ketika sedang berada di kampus, dihadapkan pada dua kebutuhan yaitu kebutuhan makan dan kebutuhan untuk menunjang terselesainya tugas yang harus dikumpulkan di saat itu juga. Lebih memilih memenuhi kebutuhan akan tugas dan mengesampingkan kebutuhan makan. Karena jika tugas sudah terselesaikan, maka akan memberikan rasa aman dalam jangka waktu yang panjang. 

Selanjutnya adalah mendapatkan produk. Dalam mendapatkan sebuah produk, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut
1.      Mencari informasi : mengumpulkan data-data tentang produk yang akan dibeli. Misal : mencari informasi melalui iklan, brosur dan lain-lain.
2.      Alternatif :membuat alternatif-alternatif produk dengan merek yang berbeda-beda untuk membandingkan harga dan kualitas.
3.      Keputusan Membeli : memutuskan membeli sebuah produk berdasarkan informasi dan sudah melalui tahap alternatif. Informasi yang di dapatkan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. 
4.      Konsumsi : dalam hal ini, ketika mengkonsumsi suatu produk, apabila merasa puas maka akan menimbulkan rasa percaya terhadap produk pada merek tertentu. Dan jika suatu saat akan membeli produk kembali, maka saya akan membeli produk itu karena sudah terbukti dari hasil analisa sebelum membeli hingga pada tahap mengkonsumsi. Contoh : saya membeli sebuah pensil mekanik bermerek A. Pensil tersebut nyaman dipakai, tahan lama hingga bertahun-tahun atau tidak mudah rusak. Sehingga di kemudian hari, ketika prensil tersebut sudah tidak layak pakai, di kemudian hari akan membeli pensil bermerek A tersebut.
5.      Pasca Beli : setelah mengkonsumsi, maka akan mendapatkan  kepuasan dan terpenuhinya kebutuhan. Selain itu juga dapat menginspirasi diri untuk berwirausaha melalui ide-ide yang kreatif dan inovatif.
Menurut pengalaman pribadi, notabene hal yang bisa didapatkan dalam pasca beli adalah kepuasan dan hanya mempunyai ide kreatif saja, belum pernah diwujudkan.

Disamping proses perilaku konsumen, ada sebuah Hierarki Kebutuhan, dalam teori Mas Low yang digambarkan dengan segitiga lima yaitu dimulai dari kebutuhan mendasar akan fisik (makan, minum), kemudian naik satu tingkat pada kebutuhan akan rasa aman(rumah, kerja), lalu mempunyai kebutuhan akan sosialisasi (berteman), pengakuan  (berprestasi) dan pada akhirnya aktualisasi (keberhasilan). 

1.      Kebutuhan Fisiologis
Adalah usaha untuk menjaga kesimbangan unsur-unsur fisik seperti makan,  minum, gula, garam, protein serta kebutuhan istirahat dan seks. Ini termasuk kebutuhan akan oksigen, air, protein, garam, gula, kalsium, dan lainnya seperti mineral dan vitamin. Dan mempunyai kebutuhan untuk aktif, istirahat, tidur, menjaga agar tidak sakit serta hal-hal lain yang bersifat biologis.
Kebutuhan fisik pada diri sendiri sebagian sudah tercukupi seperti makan dan minum namun istirahat belum tercukupi.
2.      Kebutuhan Rasa Aman
 Ketika kebutuhan fisiknya sudah terpenuhi, manusia mulai termotivasi oleh kebutuhan akan rasa aman, termasuk rasa aman fisik, stabilitas, ketergantungan, perlindungan dan kebebasan dari daya-daya mengancam,seperti perang, terorisme, penyakit, rasa takut, rasa cemas, bahaya, kerusuhan, dan bencana alam. Kebutuhan terhadap hukum, aturan dan struktur juga menjadi bagian dari kebutuhan akan rasa aman. . Kebutuhan fisiologis dan kebutuhan rasa aman pada dasarnya merupakan kebutuhan primer. Kebutuhan fisiologis adalah pertahanan hidup jangka pendek, sedangkan kebutuhan rasa aman adalah pertahanan hidup jangka panjang.

Kebutuhan keamanan sudah muncul sejak bayi, dalam bentuk menangis dan berteriak ketakutan karena perlakuan kasar. Anak akan merasa lebih aman berada dalam suasana keluarga yang teratur, terorganisir dan disiplin. Saat dewasa kebutuhan rasa aman diwujudkan dalam kebutuhan pekerjaan dan gaji yang mantap, memperoleh jaminan masa depan. Selain itu agama juga dapat menunjang kebutuhan ini.
Kebutuhan saya akan rasa aman adalah memperoleh jaminan masa depan dengan menuntut ilmu sebagai bekal untuk terjun dalam kerja. Dan kebutuhan rasa aman ketika berada di rumah.
3.      Kebutuhan Sosialisasi
Setelah kebutuhan fisik dan rasa aman terpuaskan, maka seseorang membutuhkan sebuah jaringan atau pertemanan karena pada dasarnya manusia juga merupakan makhluk sosial. Hal ini memberikan pengaruh penting dalam diri setiap individu. Seseorang yang mempunyai jaringan luas akan lebih mudah bergerak untuk memenuhi kebutuhan lainnya.
4.      Kebutuhan akan Pengakuan
Sesudah kebutuhan sosialisasi terpenuhi, seseorang butuh pengakuan melalui sebuah penghargaan, bisa diwujudkan dalam prestasi.
5.      Kebutuhan Aktualisasi
Kebutuhan menjadi seseorang yang dapat mewujudkan keberhasilan seperti yang sudah dilakukan orang lain dengan mengeluarkan seluruh kemampuannya. Aktualisasi juga merupakan kepuasan terhadap dirinya karena bisa menjadi apa yang ingin dilakukannya dan sebuah puncak prestasi. 

Dari teori hierarki kebutuhan tersebut, kebutuhan- kebutuhan saya sedang diarahkan pada kebutuhan terhadap rasa aman untuk sekarang ini. Yaitu kebutuhan akan jaminan masa depan dengan kuliah agar mendapatkan bekal berupa ilmu dan skill. Di sisi lain, kebutuhan juga diarahkan menuju kebutuhan sosialisasi untuk menunjang kebutuhan-kebutuhan lain yang diharapkan. 

Termotivasi untuk mewujudkan keadaan yang diinginkan dengan mulai mencoba memenuhi kebutuhan pengakuan seperti meningkatkan prestasi kuliah agar bisa mencapai kebutuhan aktualisasi. Sehingga arti konsumsi bagi saya adalah mengkonsumsi suatu produk atau barang untuk menunjang kehidupan di masa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment