Monday 20 April 2015

Tips Meningkatkan Kemampuan Otak dan Tidak Mudah Lupa

Alasan menulis catatan ini, karena banyaknya masalah yg dihadapi di era modern ini. apalagi makanan sekarang, banyak terkontaminasi oleh zat-zat kimia dan membahayakan bagi tubuh. ^^ ini hanya skedar pendahuluan.


 Untuk para penuntut ilmu maupun orang awam sekalipun, memori dalam otak sangat penting guna memanage kehidupan kita. "Lupa", tiap orang pasti pernah lupa, karena manusia sudah ditakdirkan sebagai tempat salah dan lalai oleh-Nya, akan tetapi kita tidak boleh membiarkannya begitu saja, kita harus berusaha mengubah diri kita menjadi individu yg baik, cerdas dll.

 Bicara tentang otak, bagiannya terbagi menjadi 2 yaitu otak kiri (short term memory) dan otak kanan (Long term memory). Otak kanan : kreatif dan imajinatif, emosi/perasaan, acak, menyeluruh, gambar, musik. Otak kiri: Analitis, logis, berurutan, detail, angka dan tulisan, kata-kata. Sering terdengar para ahli mengatakan bahwa otak kanan lebih baik daripada otak kiri. tapi bukan berarti kita memfokuskan penuh terhadap otak kanan, otak kiri pun juga harus ambil bagian. Cara yang tepat yaitu, menyeimbangkan keduanya atau mengkaitkan otak kiri dengan otak kanan. Semisal, menghafalkan angka-angka dengan dihubungkan dalam nada-nada, coba saja lihat iklan telkomsel yg 080989999 (kosong delapan kosong sembilan delapan sembilan empat kali) ^^ tanpa sadar kita mengingat angka tersebut (padahal tu iklan dah lama banget, tpi aku msih aja ingat :D).

 Kemampuan otak tergantung pada pemiliknya, Orang Inggris berkata " Used it or you will loose it" maknanya, jika seseorang sering melatih dan mnggunakannya maka otak otak itu tetap hidup sedangkan orang yg tidak pernah menyentuh ataupun mengasah, akibatnya kemampuan otak jadi melemah. Brikut adalah kiat untuk menjaga otak agar tetap hidup :

1. Rajin membaca. Setiap hari, sempatkan waktu untuk membaca surat kabar, buku dll.
2. Pelajari hal-hal baru. Misal belajar komputer, bermain alat musik, belajar bahasa.
3. Kunjungi tempat atau daerah yg belum pernah dikunjungi.
4. Mengisi teka-teki silang, menjawab kuis atau pertanyaan.
5. Beri tanda untuk tanggal-tanggal yg anda anggap penting pada kalender .
6. Buatlah catatan (pengingat)
6. Simpan selalu barang-barang Anda ke tempat yg sudah ditentukan.
7. Konsumsi makanan bergizi dan vitamin terutama vitamin B12.
8. Mencoba berkonsentrasi terhadap apa yang baru anda baca, dengar dan lihat.
9. Ucapkan hal-hal yg ingin diingat dengan suara lantang.

 Selain itu, kita harus memelihara memori di dalam otak kita dan menghindari "pembunuh memori " antara lain merokok, stres, herpes, kurangnya asupan gizi, hipnotis dan minuman keras.

No comments:

Post a Comment