Friday 3 April 2015

Sekilas Catatan : Apa Sih Manfaat Test Kepribadian ?

  Setiap manusia pasti menginginkan yang terbaik dalam kehidupannya. Tak jarang berbagai hal dilakukan agar kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Maka dari itu, manusia tidak ada salahnya berusaha untuk mengenali diri sendiri sedini mungkin. Ada banyak manfaat jika seseorang mampu memahami kelebihan beserta kekurangannya. Pertama, bisa menentukan tujuan, makna hidup dan strategi yang diambil. Kedua, tidak mudah terombang-ambing oleh keadaan. Ketiga, bisa menambah kedekatan diri kepada Allah. 


Sempat berpikir seperti ini :


  Ketika mencoba mengenali diri sendiri melalui beberapa test kepribadian, seolah-olah diri sendiri seperti menyerah pada nasib. Bahwa saya memang terlahir demikian dan sulit diubah.

Namun saat menemukan sebuah kalimat "There is no good or bad characteristics. Knowing yourself is not for labeling yourself, but for developling your advantages and controlling your disadvantages" mengubah pandangan pribadi bahwa nasib itu bisa diubah jika ada keinginan untuk merubahnya.


  Test kepribadian terkadang dianggap remeh dan konyol tapi ada pula yang menanggapinya terlalu serius sehingga menyerah pada keadaan.Jika seseorang berpikir positif maka dia akan mencoba memperbaiki kekurangannya sedangkan orang pesimis akan berkata bahwa itu adalah sebuah takdir mutlak. Cobalah positif thinking karena segala sesuatu pasti ada hikmahnya. Daripada stress mengeluhkan banyaknya kekurangan, lebih baik bersyukur dan tetap melangkah ke depan. 

 "Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah Menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia" (QS.Ar-Ra'd (13)  : 11).
 Nah manfaat dari tes kepribadian antara lain mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing. Selain itu juga dapat membantu diri kita sendiri dalam menentukan langkah-langkah yang tepat. Tes kepribadian mengarahkan individu untuk menemukan jati dirinya.  

No comments:

Post a Comment