Thursday 11 June 2015

Pengalaman "Susahnya Nelen Tablet" , Berikut Beberapa Trik yang Bisa Kamu Coba

Hello , selamat sore sobat. Kali ini si blogger bakal ngasih beberapa trik buat kamu yang kesulitan nelen kapsul maupun tablet. Beberapa trik ini didapatkan dari pengalaman blogger sendiri, yaitu susahnya nelen tablet (bukan tablet PC lho ya :D). Anehnya , si blogger baru bisa melakukan ritual tersebut setelah menginjak umur 21 tahun (selama itu ngapain aja... ).


Waktu kecil dulu, minum obat dengan cara digerus (dicairkan) merupakan suatu hal yang wajar. Maka cara ini masih dimaklumi oleh para orang tua. Meskipun terasa pahit, biasanya orang tua memutarbalikan otak agar si kecil mau minum obat . Misalnya, setelah minum obat diberikan madu atau roti untuk melenyapkan rasa pahit.

Obat atau vitamin anak kebanyakan menyuguhkan rasa manis, sehingga obat berbentuk tablet bisa dimakan layaknya permen (tentunya sesuai anjuran )

Seiring bertambahnya usia, kamu akan menemukan berbagai variasi obat yang terlihat menarik. Bentuknya pun juga bermacam-macam, mulai dari kapsul, tablet dan cair. Suatu ketika, kamu dihadapkan beberapa obat agar tubuhmu kembali sehat.

Saat blogger masih duduk di bangku SMP, penyakit hendak berdatangan silih berganti memberi kenangan tersendiri. Si blogger paling takut dibawa ke dokter, soalnya beliau pasti ngasih oleh-olehnya terlalu banyak. Setiap jadwal minum obat, barisan sendok berjajar seperti tentara yang siap dimakan Titan. Di dalamnya terdapat cairan berwarna-warni dengan bau tak sedap. Melihat dan menghirup aromanya saja, hampir membuatku mual. Gara-gara itu juga, obat jadi gak bisa masuk.

Setelah melalui serangkaian percobaan, akhirnya si blogger berhasil menelan tablet . Oke langsung simak baik-baik trik berikut, semoga bisa bermanfaat ya

1. Hilangkan Rasa Takutmu

Ketakutan terkadang menghalangi seseorang menuju sebuah kebaikan. Perasan tersebut bisa muncul kapan saja, bahkan ketika kamu mencoba menelan tablet dengan beberapa bantuan. Alangkah baiknya tenangkan dulu pikiranmu, berikan sugesti bahwa tidak akan terjadi hal buruk apapun. Jika perlu, tarik nafas dalam lalu keluarkan perlahan. Ulangi secara terus menerus hingga kamu benar-benar mendapatkan kondisi yang kamu harapkan. Intinya pikiran tenang dan jangan panik.

2. Pakai Bala Bantuan

Si blogger gak bermaksud buat nyuruh kamu panggil tim SAR cuma buat nelen obat. Ini kaitannya dengan makanan atau minuman, supaya kamu mudah dalam memasukkan tablet. Pilih makanan yang mudah dilumatkan dan tidak bikin kamu tersendat. Contohnya pisang, bubur, roti basah, makanan lainnya dan air putih.
Pertama kali si blogger nelen tablet pakai lumatan pisang, hasilnya bisa berhasil walaupun sampai menghapiskan 2 pisang sekaligus (saking susahnya). Uji coba berkali-kali membuahkan beberapa teori (jiah..), ada 3 teori :
a. Letakkan tablet di atas makanan yang berada pada pangkal lidah lalu telan langsung.
b. Makanan berada di tengah lidah dan tablet di pangkal lidah
c. Tablet diselipkan ke dalam makanan

3. Bersikap Pasrah

Pasrah di sini bukan berarti kamu menyerah setelah gagal berulang kali. Biarkan tablet di pangkal lidahmu terdorong oleh makanan atau air putih. Ijinkan si tablet masuk ke tenggorokan dan rasakan sensasi menelannya :D

Tetap Berusaha dan Jangan Menyerah

Hasil tidak pernah berkhianat kepada orang-orang yang tetap berusaha. Jika kamu tak berani mencoba, kamu akan merasakan kepahitan secara terus-menerus. Kebanyakan orang mudah melakukannya tanpa harus bersusah payah. Meski kamu perlu mencoba berulang kali, bahkan sampai tak terhitung berapa jumlah kegagalanmu. Tahukah kamu? nikmatnya kegagalan hanya bisa dirasakan setelah menuai keberhasilan. Kegagalan itu juga bisa dijadikan pelajaran untuk generasi mu di masa yang akan datang.

Perasaan tidak panik, pikiran tenang dan pasrah adalah hal terpenting saat menelan tablet. Faktor penghambat lain disebabkan oleh trauma dan hal itu dialami oleh si blogger. Salah satu cara menghilangkan trauma adalah melupakan dan positif thinking.

No comments:

Post a Comment