Wednesday 29 July 2015

Pengalaman Seperti Ini Mungkin Tak Asing bagi Orang-Orang yang Kurang Beruntung di Bidang Akademis

Pendidikan merupakan salah satu batu loncatan untuk menunjang masa depan. Tentunya setiap orang berharap memiliki kehidupan yang lebih baik. Entah itu secara ekonomi, sosial dan lainnya. Acapkali tingginya tingkat pendidikan juga berpengaruh pada banyak tidaknya gaji yang diperoleh seseorang.
Saat ini, dunia pendidikan semakin berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan kemajuan zaman. Lihat saja di media, banyak penemuan maupun karya cipta dari generasi-generasi berprestasi bisa mengubah tatanan dunia. Oleh karena itu, kebanyakan orang percaya pada orang-orang pintar secara akademis.

Ada sesuatu yang terlewatkan ketika kita terlalu percaya nilai-nilai akademis. Toh, setiap orang punya kemampuan berbeda-beda dan tidak hanya bisa diukur secara demikian.
Berikut beberapa pengalaman pernah dialami oleh orang-orang yang kurang beruntung dalam akademis :
1. Nilai Matematika selalu jelek, nggak pernah dapat nilai 100. Nilai 60 sudah lumayan dan cukup memuaskan. Pokoknya nggak ikut revisi !!!
2. Menghafal adalah ritual yang sulit dilakukan. Butuh konsentrasi penuh bahkan sampai harus teriak-teriak supaya sederet kalimat bisa terukir dalam otak.
3. Hukum perbandingan tidak akan asing di telinga kalian.
"Kamu ngerjain soal seperti itu aja gak bisa! Mau jadi apa kamu nanti? Lihat si X , dia nilainya 100" .
4. Menurut dirimu, nilai C bertaburan merupakan hal biasa. Yang penting gak dapat D.
5. Dibalik semua kekurangamu, pasti kamu punya kelebihan yang tersembunyi. Kamu mungkin lebih suka menggoreskan penamu untuk membentuk sebuah illustrasi daripada menulis kata maupun angka. Bisa juga lebih suka bergerak dalam ruang bebas ketimbang duduk ditemani buku. Temukan passionmu dan terus berlatih agar bisa dijadikan penopang masa depanmu nanti.


No comments:

Post a Comment