Sunday 26 June 2016

Mengenal 'Gangguan Kepribadian Menghindar (Avoidant Personality Disorder)' ~ Part 1

via instacomedy.com

Avoidant Personality Disorder (AvPD) atau disebut juga gangguan kepribadian menghindar merupakan sebuah kondisi dimana seseorang memiliki masalah dalam melakukan interaksi sosial disebabkan oleh rasa tidak percaya diri, takut akan kritikan serta penolakan dari lingkungan sekitarnya.Individu ini masih mempunyai keinginan untuk berteman atau mendapatkan kasih sayang dari orang lain namun terhambat oleh perasaan 'malu'. Pada kasusnya, AvPD enggan menjalin sebuah hubungan yang terlalu akrab (intim) karena cemas terhadap penolakan maupun kritikan, kecuali jika mereka merasa yakin bahwa mereka akan disukai.
Penyebab kepribadian Avoidant masih belum diketahui secara pasti, beberapa peniliti mengindikasikan ada kemungkinan bahwa faktor genetik (bawaan lahir) bisa memberikan pengaruh. Faktor lain seperti pengalaman masa kecil, lingkungan sekitar dan pola asuh juga dapat ikut andil dalam melahirkan kepribadian tersebut. Seseorang dengan kepribadian Avoidant, hypersensitif terhadap penolakan, kritikan, ketakutan dipermalukan orang lain, bahkan rasa takut tersebut tidak rasional.

Lalu apa saja tanda-tanda yang menunjukkan seseorang telah mengalami Gangguan Menghindar ?

1. Perilaku menghindar dari interaksi sosial karena takut dikritik, ditolak dan dipermalukan.
2. Merasa rendah diri dan beranggapan orang lain lebih baik dari nya.
3. Kepekaan terhadap kritik serta penolakan yang berakibat pada perilaku penarikan diri.
4. Enggan mencoba hal-hal baru sebab takut dipermalukan.
5. Menolak interaksi sosial atau aktivitas lainnya, kecuali dirinya merasa yakin akan disukai. Intinya perlu penerimaan berupa keyakinan kuat baik dari dalam diri maupun lingkungan sekitar.
6. Perasaan cemas dan khawatir berlebihan ditolak atau dikritik.
7. Menjaga jarak dengan orang lain yang bisa berakibat tidak memiliki teman dekat.

Setelah mengetahui gejala-gejala di atas, sobat blogger bisa introspeksi diri dan lebih peka dengan oarng-orang di sekitar. Jika sobat blogger atau orang yang dikenal menampakkan ciri-ciri gangguan kepribadian menghindar, konsultasikan ke psikolog, mencari alternatif penyembuhan (terapi) atau mencoba membantu dalam penyembuhannya.

Dalam penanganannya, secara medis belum ditemukan obat khusus untuk gangguan kepribadian menghindar. Menurut laporan dari berbagai kasus yang ditangani oleh ahlinya, kepribadian Avoidant juga disertai gangguan kecemasan. Psikolog akan menganjurkan penggunaan obat antidepressant atau anti cemas untuk pasien yang bersangkutan. Selain itu, penyembuhan dapat dilakukan dengan Cognitive Behavioral Therapy (CBT), fungsinya membantu individu mengenali sifat dan perilaku tidak sehat, mengalihkan kepercayaan serta pikiran negatif menjadi positif. Terapi kelompok dalam CBT, melatih individu supaya dapat menyesuaikan diri dengan orang lain, saling menghargai dan memahami cara berpikir orang lain secara positif. Keberhasilan dalam terapi akan menunjukkan peningkatan frekuensi interaksi sosial, berkurangnya perilaku menghindar, meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pada kegiatan sosial.

Cukup sekian dulu ya sobat blogger, semoga bisa disambung di lain waktu :)

Sumber :
http://www.kompasiana.com/tugas-abnormal-avoidant-personality-disorder-/avoidant-personality-disorder_5528763a6ea83443418b45b6

http://pikirdong.org/avoidant-personality-disorder/

1 comment: