Sunday 10 December 2023

Waspada Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Online

Kurang lebih 1 minggu yang lalu sebelum menulis di blog ini, mendadak ada orang dengan nomor tak dikenal telepon ke handphone si blogger. Dia memperkenalkan diri sebagai admin dari PT M***** (Mengaku brand elektronik ternama). Dia menawarkan loker online untuk like dan memberi ulasan di konten-konten tentang merk tersebut guna menaikkan rating. Katanya bisa dapat penghasilan sekitar 30ribu sehari. Dia meminta untuk merespon chat WA. Saat itu si blogger hanya mengiyakan tapi respon negatif atau positif tergantung isi pesan. 

Awal ketika ditelepon rasanya antara percaya dan tidak percaya, masih 50:50. Terdengar menggiurkan sekali untuk orang yang secara ekonomi dan kesehatan sedang kurang mendukung. Sudah kerjaannya mudah, bisa berpenghasilan setiap hari dan WFH (Work form Home). Kapan lagi ketemun kesempatan seperti ini? Baiklah, nanti tunggu sampai ada chat masuk.

Selang beberapa menit terdapat pesan baru yang intinya "mengirim pesan dengan kode kalimat tertentu ke nomor WA lain". Sayangnya sudah diblokir nomornya jadi tidak bisa menunjukkan bukti chat. 

Dari sini sudah merasakan ada kejanggalan di bagian isi pesan dan gambarnya. Alhasil, mencoba googling dengan kata kunci "kerjaan online dibayar 30ribu". Muncullah artikel terkait penipuan online berkedok lowongan kerja. 

Dalam artikel tersebut korban menerima tugas dan gaji pertamanya sebesar 15ribu. Selanjutnya tersangka berdalih ini itu supaya si korban tertarik untuk transfer balik sebagai deposit atau sejenisnya. Si korban baru tersadar ketika dia sudah banyak mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah tapi tidak mendapatkan hasil sama sekali. Akhirnya si korban melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian. 

Setelah tahu kejadian tadi, langsung blokir nomor teleponnya. Semakin ke sini semakin marak penipuan online. Setiap ada tawaran sebaiknya tidak gegabah, perlu dikomunikasikan atau dicari tahu terlebih dahulu kebenarannya. Minimal googling dan tanya kerabat dekat. 

Tambahan penting bagi pembaca yang muslim, semoga bisa membantu. Nah, ceritanya saat ditelepon itu, si blogger sedang baca al-Ma'surat (dzikir pagi petang) via aplikasi di hp. 

Setelah selesai dari angkat telepon, lanjut lagi dan seperti diingatkan ketika baca ayat yang terjemahannya berbunyi 

"Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung dari rasa gelisah dan sedih, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat pengecut dan bakhil, dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan orang".

Selepas membaca al-Ma'tsurat tergerak hatinya mencari kebenaran akan kabar loker tersebut semisal pesan WA itu sudah masuk. 

Selain waspada, perlu juga mohon perlindungan serta pertolongan kepada Allah.

Semoga postingan singkat ini bisa memberikan manfaat

Terima kasih sudah mampir, sehat selalu dan lancar rejekinya 

2 comments:

  1. waspada banyak banget SPAM yang berkedok lowongan pekerjaan online. aku udah hampir kena beberapa kali sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semakin marak kak. Apa penipuannya juga serupa kak?

      Delete