Saturday 23 December 2023

Makanan Enak Murah di Kota Solo

Kota Solo terkenal dengan beragam kuliner unik dan enak. Di postingan satu ini, si blogger mau rekomended buat kamu pecinta kuliner. Tinggal di Solo atau lagi berkunjung ke Solo? Coba santap kuliner berikut: 

1. Blanggreng Depan SMA N 7 Surakarta

Blanggreng merupakan sebutan dari singkong yang digoreng. Apa bedanya dengan blanggreng pada umumnya?

Di sini singkong digoreng 2 kali dan rasanya enak, gurih, merekah dan empuk. Apalagi harganya juga murah. Tidak ada minimum pembelian. Beli Rp.5000,- sudah bisa dapat banyak. 

Beli Rp.15.000,- bakal dikemas dengan kardus dan isinya penuh. Tidak cukup makan satu blanggreng, rasanya bikin ketagihan.

2. Warung Makan Prasmanan (Pokwe) Mbak Nuke

Warung makan tersebut mengusung tema prasmanan atau dalam bahasa Jawa disebut Pokwe (Njupok dhewe alias ambil sendiri). Tidak hanya melayani makan di tempat tapi juga bisa dibungkus dan take away bahkan juga menerima pesanan dalam jumlah banyak. 

Kalau di sini lauk yang enak sesuai selera itu ada gudangan, tempe kripik dan oseng tempe pete. Menunya juga lengkap, ada sayur bening bayam, sop, lodeh, mie goreng, oseng soun, ikan, tahu, keripik kentang mustofa, telur goreng, ayam goreng, dan lain-lain. Setiap hari ganti menu masakan. 

Buka dari hari Senin sampai Sabtu. Hari Minggu dan tanggal merah libur. Mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

3. Warung Pak Ndomblek/ Bu Supadmi (Ada di dalam Pasar Penumping). 

Di sini masakannya enak dan murah. Tahun 2023 ini beli bakmi capcay campur sambal pecel hanya dibanderol Rp.3000,- aja.

Bebas memilih lauk apa aja tapi diambilkan oleh penjualnya. Menu diantaranya pecel, bakmi, capcay, oseng soun, oseng terong, oseng pare, oseng kacang panjang, terik, sambal goreng tahu, oseng daun pepaya, oblok-oblok, telur mata sapi, telur rebus, baceman (tahu, tempe, gembus, ayam), tempe goreng, tahu goreng, gendar pecel, gado-gado.  Tersedia jenang dan terik, sobat blogger bisa pilih teman makan sesuai selera. Harga sayur terjangkau mulai dari Rp.3000,- sampai Rp.7000,- 

Buka setiap hari dan bisa libur sewaktu-waktu. Mulai dari pukul 07.00 sampai habis. 

4. Ayam Goreng Tepung Pak Ubay.

Tepatnya di pelataran Indomaret Cemani, sebelum Pasar Cemani. Tidak ada tulisan merknya, hanya berupa gerobak jualan ayam goreng tepung. Harga mulai Rp.4000,- sampai Rp.6000,-. Bagian sayap, dada atau paha biasanya dibanderol dengan harga Rp.6000,-

Rasanya juga enak, bumbu pas, dan harga masih terjangkau. Ini hanya menjual ayam saja ya. Semenjak itu, sudah jarang atau malah tidak beli ayam goreng tepung dari brand ternama

Mulai buka sekitar pukul 05.00 atau 06.00 WIB sampai habis. Seringkali kalau siang sudah habis karena laris

5. Pukis dan Gandos dekat pintu masuk pasar Cemani

Buka mulai pagi tapi kurang tahu jamnya. Kemungkinan pukul 06.00 WIB atau pukul 07.00 WIB. Mau beli berapa saja bebas, Rp.3000,- atau Rp.5000,- juga boleh. 

Selain jual pukis, ada pula gandos yaitu adonan gurih terbuat dari campuran kelapa parut. Jika ingin beli gandos, perlu menunggu sedikit lama karena proses memasaknya membutuhkan lebih banyak waktu. Bisa juga order Rp.5000,- campur (pukis dan gandos). 

6. Bubur Kacang Hijau Perempatan Baron

Tepatnya di depan kantor HIPMI atau di samping Kedai jual Ramen. Biasanya buka dari pukul 05.00 WIB sampai habis. Perlu datang lebih awal supaya tidak kehabisan stock. Pernah datang agak siang, sekitar pukul 07.30 WIB sudah habis. Harga saat ini dibanderol Rp.5000,-/ porsi

7. Bubur Kacang Hijau Malam di dekat Batik Keris

Buka dari sore sekitar pukul 17.00 WIB sampai malam. Tempat berada di depan pabrik Batik Keris. Samping gerobak yang jualan donat. 

Harga saat ini Rp.5000,-/ porsi. Ada dua varian yaitu bubur kacang hijau panas dan dingin (es + tambahan sirup). Bisa request sesuai selera, pakai tambahan potongan roti tawar atau tidak. 

No comments:

Post a Comment